Eks Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum Bulan Depan Bebas dari Penjara

  • Bagikan
Anas Urbaningrum. --fin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kabar gembira datang dari mantan atau eks Ketua Umum (Ketum) Demokrat Anas Urbaningrum. Dikabarkan, akan bebas dari penjara bulan depan.

Anas Urbaningrum akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Sukamiskin Bandung pada April 2023.

Kepala Lapas Kelas IA Sukamiskin Kunrat Kasmiri mengatakan soal tanggal bebasnya, terpidana kasus korupsi proyek Hambalang tersebut, masih belum ditetapkan.

Pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) terkait dengan bebasnya Anas Urbaningrum.

"Tanggalnya juga masih menunggu surat keputusan cuti menjelang bebas (CMB)," katanya di Bandung, seperti dikutip dari fin, Kamis, 30 Maret 2023.

Dikatakannya, Anas memasuki masa CMB pada April. Hal ini jika dihitung dari masa tahanan dengan jumlah vonis yang dijatuhkan.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum divonis 8 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Selain itu, Anas juga berkewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp57,59 miliar dan 5,26 juta dolar AS karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah dari sejumlah proyek-proyek pemerintah.

Anas juga divonis telah menyamarkan sumber harta kekayaan berupa rumah dan tanah sehingga terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang.

Adapun vonis terhadap Anas pada kasus dugaan korupsi proyek Hambalang itu dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada hari Rabu, 24 September 2014. (fin/uce)

  • Bagikan