Pensiun Dini dari Jayapura, Tikurara Bumbungan Serius Maju Caleg DPRD Sulsel Dapil Sepuluh

  • Bagikan

Tikurara Bumbungan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, para kandidat calon legislatif asal Tana Toraja semakin bermunculan.

Tikurara Bumbungan seorang perempuan sekaligus kader partai Golkar dari pengurus DPD II Golkar Tana Toraja akan mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg).

Ia akan maju perebutkan kursi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Dapil 10 yang meliputi kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Tikurara dari Partai Golkar menjadi penantang kuat dikarenakan Ia adalah istri seorang Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan (JRM).

Wanita pensiunan PNS dari Balai Besar POM di Jayapura, Papua itu pernah menduduki jabatan Staf Seksi Pemeriksaan tahun 1997 silam dan terangkat sebagai Kepala Seksi tahun 2007.

Kemudian tahun 2013, Tikurara mendapat jabatan baru sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar POM Jayapura.

Pada akhirnya tahun 2017 memilih pensiun dini sebagai abdi negara, padahal setahun sebelumnya mendapat promosi jabatan sebagai Kepala Balai Besar POM Jayapura.

Wanita berdarah Panggala, Kecamatan Rindingallo Toraja Utara menyampaikan alasannya pensiun dini karena ingin lebih fokus ke keluarga yaitu mengurus kedua anaknya.

“Alasan saya pensiun karena keluarga, agar lebih fokus mengurus kedua anak saya,” ujarnya, Sabtu (1/4//2023).

Meski memilih pensiun dini, saat ini Tikurara masih aktif berwirausaha dan membantu suaminya mengurus perusahaan di Jayapura, Ia dikenal sebagai Direktris CV Anugerah Kasih Medika.

Tidak hanya itu, Ia juga sebagai Komisaris Utama di perusahaan PT Youtefa Indah dan PT Vita Enginering.

“Tekad saya sudah bulat akan terjun ke dunia politik, salah satu menjadi visi misi saya yaitu punya pengalaman bekerja saat di Balai Besar POM Jayapura,” ungkap Tikurara.

Jika Tuhan mengizinkan Ia terpilih dan menang pada Pemilu 2024 nanti, Tikurara akan meningkatkan pelayanan serta pengawasan di bidang kesehatan, juga pembinaan kepada pelaku usaha di bidang obat dan makanan.

Alumni Farmasi Universitas Hasanuddin itu mengatakan bahwa Ia terjun ke politik juga ingin melanjutkan kiprah suaminya, John Rende Mangontan yang tidak akan maju lagi pada Pileg 2024 mendatang.

Dikarenakan, JRM akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai Calon Bupati Tana Toraja.

"Jika Tuhan izinkan, saya akan melanjutkan program yang telah bapak lakukan termasuk bidang infrastruktur,” pungkas Tikurara.

Bernyali petarung, wanita yang tumbuh dan besar di Tallunglipu, Toraja Utara itu mengantongi peraih suara yang signifikan.

Berikut Profil Singkat Tikurara Bumbungan,

Nama : Apt. Tikurara Bumbungan, S.Si
TTL : Toraja, 27 September 1966
Alamat : To'Kalaa, Kelurahan Tengan, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja
Asal kampung : Tikala, Sesean Suloara, Buntupepasan, Kapalapitu, Pangala Rindingallo, Baruppu dan Dende Piongan Napo (Denpina).

Nama Ibu Esther Tulak Pensiunan Guru SDN 64 Tallunglipu dan Ayah bernama Y.P Bumbungan (Alm) Pensiunan Guru STM Kristen Tagari Rantepao.

Riwayat Pendidikan:
SDN No 64 Tallunglipu (1974-1980)
SMPN 1 Rantepao (1981-1983)
SMAN 161 Rantepao atau SMAN 1 Rantepao (1983-1986)
Farmasi Universitas Hasanuddin (1995)

Riwayat Pekerjaan:
1997-2007 Staff Seksi Pemeriksaan Balai Besar POM Jayapura
2007-2013 Kepala Seksi Pemeriksaan Balai Besar POM Jayapura
2013-2017 Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar POM Jayapura
2017 Pensiun dini
Direktris CV. Anugrah Kasih Medika (sekarang)
Komisaris Utama PT. Youtefa Indah (sekarang)
Komisaris Utama PT. Vita Enginering (sekarang). (Risna)

  • Bagikan