Ketika Dua Sahabat Gila Bola Bertemu Bahas PSM yang Juara Tanpa Punya Stadion

  • Bagikan

Nampak Ronny Pangemaman bersama Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS), di Lago'ta Cafe Parepare, Ahad 16 April 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE--
Komentator bola senior Indonesia, Ronny Pangemaman yang akrab disapa Bung Ropan bersua dengan sahabat karibnya Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS), di Lago'ta Cafe Parepare, Ahad 16 April 2023.

Dua sahabat yang sama-sama gila bola ini sedang punya tujuan yang sama. Menyaksikan langsung pesta publik bola Sulsel setelah PSM Makassar berhasil mengunci piala Liga I musim ini.

Kebetulan, penyerahan trofi memang dijadwalkan setelah Tim Juku Eja menjamu Borneo FC di Stadion Gelora BJ Habibie.

Pertemuan itu menjadi ajang diskusi Ropan dan IAS. Satu catatan penting yang disampaikan pengamat sepak bola nasional terkait PSM adalah kemampuannya menorehkan juara padahal tidak punya stadion di Makassar.

Ropan merasakan sendiri beratnya perjuangan para pemain dan suporter PSM yang harus menempuh 4 jam perjalanan ketika harus menjamu tamu Tim Ayam Jangan dari Timur itu.

"Saya memang secara khusus ingin menyampaikan pentingnya PSM punya stadion di Makassar. Nah, tentu untuk mewujudkan ini, dibutuhkan sosok pemimpin Sulsel yang benar-benar punya jiwa gila bola," kata Ropan.

Nah, kebetulan Ropan juga tahu bahwa IAS saat ini sedang menata langkah pengabdian sebagai figur calon gubernur melalui Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

"Jujur saja, tanpa berniat menduhului ketentuan Tuhan, saya ingin menjamin bahwa jika IAS yang diberi kepercayaan menjadi gubernur, pasti bisa mewujudkan stadion untuk publik Sulsel. Sesuai perjalanan persahabatan kami, IAS ini memang sosok yang sangat gila bola," kata Ropan lagi.

Selain mengurus PSM Makassar sebagai ketua umum 2003-2012, bukti lain IAS gila bola adalah saat mampu memimpin renovasi Stadion Andi Mattalatta menjadi bersandar internasional saat PSM menjadi tuan rumah Piala Champions Asia tahun 2002 lalu.

Tidak salah, jika sejumlah dedengkot suporter PSM Makassar mengutarakan kepercayaan kepada IAS bisa membangun stadion untuk Sulsel, bahkan tanya menyentuh APBD.

Terobosan tanpa mengganggu uang APBD sudah dibuktikan IAS dengan merenovasi Lapangan Karebosi dengan basemen mall dan Pantai Losari. Kedua proyek ratusan miliar itu terwujud mrmang zero APBD.

Upacara penyerahan trofi juara bagi PSM di Stadion Bj Habibie menjadi semakin istimewa karena Pasukan Ramang (julukan PSM juga--red) sukses membungkam tamunya 3-0 tanpa balas. Selamat Sang Juara Tanpa Stadion! (*/rls/uce)

  • Bagikan