Semen Indonesia Bagi Dividen Rp1,65 Triliun dan Ganti Susunan Komisaris, Berikut Nama-namanya

  • Bagikan

SIG saat melakukan RUPST.ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ada kabar gembira dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG usai menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 (Rapat), Senin 17 April 2022 di Jakarta. 

Yakni, pada rapat tersebut menyetujui penetapan penggunaan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2022. Jumlahnya mencapai Rp2,36 triliun. Yang pertama, sebesar 70% atau Rp 1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai dan kedua, sebesar 30% atau Rp 709,45 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Bila dibandingkan dengan nilai yang dibagikan pada tahun lalu yang sebesar Rp 1,02 triliun, pembagian dividen pada tahun ini terhitung tumbuh sebesar 61,76%.

Jumlah ini mengindikasikan komitmen Perseroan untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham. 

Menurut Direktur Utama SIG, Donny Arsal, , SIG akan terus berupaya untuk memperkuat kapabilitas Perseroan melalui inovasi produk dan layanan, penguatan jaringan distribusi dan optimalisasi fasilitas produksi, hingga peningkatan operational excellence pada aktivitas operasional termasuk inisiatif digitalisasi yang berkontribusi pada efisiensi, untuk menyasar peningkatan kinerja pada 2023. 

"SIG berkomitmen untuk terus menjaga kepemimpinan pasar dan mempertahankan kinerja yang positif demi terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan bernilai tambah bagi para pemegang saham," kata Donny Arsal dalam siaran pers. 

Selain menetapkan pembagian dividen, RUPST SIG juga menetapkan perubahan pengurus.

Seperti dilansir Kontan, RUPST memberhentikan dengan hormat Astera Primanto Bhakti sebagai Komisaris; Aas Asikin Idat sebagai Komisaris Independen; Aulia Mulki Oemar sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran; dan Adi Munandir sebagai Direktur Supply Chain.

Rapat juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi Perseroan yaitu semula Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio.

Selanjutnya, RUPST mengangkat Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, yaitu Yustinus Prastowo sebagai Komisaris; Saor Siagian sebagai Komisaris Independen;  Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran; dan  Reni Wulandari sebagai Direktur Operasi.

Berikut Susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang baru:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama:Rudiantara
Komisaris: Arief Prasetyo Adi
Komisaris: Lydia Silvanna Djaman
Komisaris: Sony Subrata
Komisaris: Yustinus Prastowo
Komisaris Independen: Saor Siagian
Komisaris Independen: Nasaruddin Umar

Direksi Perseroan

Direktur Utama: Donny Arsal
Direktur Bisnis dan Pemasaran: Subhan
Direktur SDM dan Umum: Agung Wiharto 
Direktur Operasi: Reni Wulandari
Direktur Supply Chain: Yosviandri
Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio: Andriano Hosny Panangian

Sebagai catatan, SIG tercatat berhasil mempertahankan kinerja positif pada tahun 2022, dengan laba bersih yang meningkat sebesar 15,5% menjadi Rp 2,36 triliun dibandingkan tahun 2021.

Keberhasilan ini didorong oleh inisiatif strategis Perseroan, antara lain pengelolaan permintaan pasar secara mikro, optimalisasi jaringan distribusi, riset dan pengembangan produk baru, serta peningkatan keunggulan operasional. (*/net/uce)

  • Bagikan