Jembatan Ambruk di Towuti, Pesantren Darul Istiqamah Terisolir, Aktivis Open Donasi

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, TOWUTI – Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan (BKPKP) Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (AMJI-RI), Muhammad Rafi’i, meminta Pemerintah Daerah Luwu Timur (Lutim), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan DPRD untuk segera meninjau jembatan yang saat ini ambruk menuju Pesantren Darul Istiqamah Tanjung Pao Dusun T. Mincarae, Desa Loeha, Kecamatan Towuti.

Dampak dari jembatan ambruk tersebut, menyebabkan Pesantren Darul Istiqamah Terisolir. Karena akses menuju pesantren terputus.

“Kami meminta Pemda dan DPRD untuk segera meninjau jembatan tersebut, kemudian mengambil langkah untuk bagaimana cara penanganannya. Ini jembatan merupakan akses satu satunya yang dilalui oleh masyarakat, khususnya anak-anak pesantren untuk menimba ilmu agama,” desak Rafi’i, saat melalui rilis kepada Palopo Pos, Senin, 24 April 2023 siang.

Dia juga mendukung langkah-langkah para aktivis yang sigap membuka donasi untuk membantu perbaikan jembatan tersebut.

“AMJI-RI beserta LHI mengapresiasi langkah para rekan aktivis dengan cepat membuka donasi penggalangan dana untuk perbaikan jembatan itu. Semoga apa yang dilakukan oleh para teman semua dilipatgandakan pahalanya,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, akses jembatan menuju Pesantren Darul Istiqomah Tanjung Pao Dusun T. Mincarae, Desa Loeha, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya tumbang atau roboh.

Hal ini terungkap saat Aktivis di Luwu Timur, Amrullah mengunggah di sosial media.

“Wahai para pemikir dan pemilik Pokir begini kah cara memajukan pendidikan agama di kampung sendiri,” tulis Amrullah yang juga Ketua  PAC Towuti Pospera, dalam unggahannya itu, seperti dikutip, Sabtu (22/4/2023).

Dalam unggahan Amrullah, netizen menanggapi bahwa “Padahal ini di dapil-nya Ketua dan Wakil Ketua DPRD Luwu Timur, tapi ada seperti ini”.

“Kalau memang tidak bisa Pemda biayai ini jembatan, lebih bagus kita netizen bikin donasi. Tolong Ketua PAC Pospera Towuti minta nomor rekening Pondok Pesantren Darul Istiqomah, biar netizen menyalurkan donasinya untuk perbaikan jembatan ini,” tulis netizen, Erwin.

“Kita mulai dari donasi Pospera Luwu Timur, Rp2 juta pertama, netizen lainnya silahkan bantu seikhlasnya,” tambahnya.

Netizen lainnya, Andi Gonrong mengatakan bahwa, “nanti dekat pemilihan baru di janji lagi”.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Harian Lembaga Kajia dan Advokasi HAM Indonesia (LHI) Iskaruddin mengakui bahwa persoalan ini sudah dimuat di media.

“Sampai-sampai Ketua DPRD Lutim lakukan pembenaran sudah bangun jalan dari Tekalimbo menuju Pesantren . Kalau tidak salah 300-400 meter katanya itu di tahun 2022 sudah ada anggaran lanjutannya. Saking maunya pembenaran diperintahkan aparat desa pergi foto itu jalan yang sudah di timbun,” kata Iskar, Selasa.

Sekedar informasi, jembatan tersebut merupakan akses satu satunya menuju lokasi pesantren yang telah digunakan sejak tahun 2000 sampai sekarang.

Sebelumnya, Pimpinan pesantren Darul Istiqamah A. Anwar Muslim, Lc., mengatakan bahwa jembatan yang panjangnya kurang lebih 200 meter adalah satu-satunya akses menuju pesantren.

“Sekarang dalam kondisi kurang baik, kayu dan papannya sudah lapuk, banyak juga yang terlepas sehingga terdapat lubang di sana sini. Sehingga kami hanya menambalnya dengan papan-papan bekas, kondisinya juga sudah miring dan hampir ambruk,” ungkap A. Anwar Muslim, Lc. Senin (11/7/2022) lalu.

Lanjut Anwar bahwa jika jembatan tersebut dibiarkan dan tidak ada perhatian dari pihak terkait, maka dikhawatirkan akan ada yang menjadi korban, apalagi jembatan itu sangat kecil dan licin jika hujan turun.

“Pernah seorang santri mengendarai motor lantas terjun bebas ke danau di bawah jembatan pada saat mengambil sekarung beras di pagi hari degan kondisi cuaca hujan gerimis membuat papan jembatan menjadi licin. Tercebur ke danau sedalam 3 meter bersama motor dan sekarung beras yang sedianya menjadi tambahan pangan santri. Alhamdulillah santri tersebut berhasil selamat,” sambung Anwar. (rls/ikh)

  • Bagikan