PPP Daftar Bacaleg ke KPU pada 1 Mei

  • Bagikan
H. Haidir Basir, Ketua PPP Kota Palopo

* Golkar, Hanura, dan PDIP Tunggu Petunjuk DPP

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALATUNRUNG--
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Palopo akan menjadi partai politik (Parpol) pertama mengajukan Bakal Caleg (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rencananya, partai berlambag "kakbah" ini mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Palopo pada Senin, 1 Mei 2023, hari pertama pendaftaran Bacaleg yakni 1-14 Mei 2023.

"Insya Allah, kita memulai di hari pertama, 1 Mei 2023," kata Ketua DPC PPP Kota Palopo, Haidir Basir (HB) yang dikonfirmasi Palopo Pos, Rabu, 16 April 2023.

HB menambahkan, Bacaleg PPP saat ini dipastikan memenuhi kuota sebanyak 25 orang pada empat Dapil yang ada di Kota Palopo.

"PPP dengan keberadaan Bacaleg yang ada saat ini sudah siap. Kita telah mempersiapkan secara matang untuk mengawali hari pertama mengajukan Bacaleg ke KPU Palopo," kata HB.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Palopo, Alfri Jamil belum memastikan jadwal yang tepat dalam mengajukan Bacaleg sebagai DCS untuk persaingan Pileg mendatang. PDI Perjuangan saat ini masih menunggu petunjuk DPP terkait jadwal pengajuan Bacaleg.

"DPC PDI Perjuangan menunggu penyampaian dari DPP melalui DPD Sulsel tentang kapan jadwal pendaftaran ke KPU terkait ajuan DCS. Ada kemungkinan PDI Perjuangan secara serentak mendaftar ke KPU,'' kata Alfri yang dikonfirmasi secara terpisah.

Mengenai kuota di setiap Dapil akan terisi berdasarkan berapa jumlah kursi yang diajukan di setiap Dapil, PDIP tetap mengikuti PKPU sebagai juknis tahapan pendaftaran Bacaleg.

Adapun Golkar Kota Palopo juga memastikan ketersediaan Bacaleg yang diajukan dalam DCS. Sekretaris DPD Golkar Palopo, Taufan mengatakan bahwa partai Golkar kemungkinan melakukan pengajuan Bacaleg secara serentak dari tingkat semua tingkatan.

"Golkar Palopo masih menunggu petunjuk dari Ketua DPD tingkat 2 terkait jadwal pengajuan DCS ke KPU. Mengenai komposisi Bacaleg kita di Golkar sudah siap sesuai kuota yang ada," katanya.

Demikian Partai Hanura Palopo juga belum menetapkan jadwal untuk mengajukan DCS. "Secara komposisi Bacaleg di Hanura sudah siap. Mengenai jadwal pengajuannya ke KPU kami menunggu informasi dari DPD Sulsel. Yang jelas Hanura sudah siap mengarungi perhelatan Pileg mendatang," terang Sekretaris Hanura, Rian Maming. (rul)

  • Bagikan