Ini 5 Tanaman yang Disukai dan Tidak Disukai Ular, Jangan Ditanam di Pekarangan Rumah

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Hati-hati kalau menanam tanaman di pekarangan rumah. Sebab, bisa menjadi petaka bagi kita.

Karena, ternyata, ada beberapa tanaman yang sangat disukai ular. Ini artinya, kita mengundang ular ke rumah kita.

Berbagai ular sering berlindung di bagian pot atau sekitar tanaman, seperti ular sawah, ular sendok, ular tedung, dan masih banyak lagi. 

Ular memang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Namun, kehadirannya di sekitar rumah bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang.

Salah satu faktor yang bisa memancing kedatangan ular adalah jenis tanaman yang ditanam di pekarangan rumah, karena ada beberapa jenis tanaman yang sangat disukai ular. 

Seperti dilansir dari Homeguides, berikut ini 5 tanaman yang disukai oleh ular dan sebaiknya tidak ditanam di pekarangan rumah, apa itu?

  1. Cendana

Tanaman Cendana merupakan tanaman yang disukai oleh ular. Karena, memiliki aroma yang kuat. Ular seringkali tertarik dengan aroma tanaman ini, sehingga cendana sebaiknya tidak ditanam di pekarangan rumah.

  1. Melati

Melati adalah tanaman yang memiliki bunga yang indah, dan aroma yang menyenangkan namun sayangnya tidak hanya disukai oleh manusia, tapi tanaman ini juga disukai oleh ular. Hal ini dikarenakan melati memiliki daun yang lebar dan tebal sehingga bisa menjadi tempat berlindung yang ideal bagi ular.

3. Cedar

Cedar adalah jenis pohon yang sering ditanam sebagai hiasan di pekarangan rumah. Namun, cedar juga disukai oleh ular karena memiliki aroma yang kuat dan bisa menarik perhatian ular.

  1. Perdu

Perdu merupakan jenis tanaman semak yang sering digunakan sebagai pagar hidup di sekitar pekarangan rumah. Sayangnya, perdu juga disukai oleh ular karena bisa menjadi tempat berlindung dan bersembunyi yang ideal bagi ular.

  1. Tanaman penutup tanah (Ground Cover)

Tanaman penutup tanah seperti rumput gajah, daun singkong, dan krokot sering dijadikan sebagai penghias di halaman rumah. Namun, tanaman ini juga disukai oleh ular karena bisa menjadi tempat berlindung yang ideal bagi ular.

Lalu, tanaman apa yang tidak disukai oleh ular? Ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah, lho. Simak halaman berikutnya.

Jika rumah berada di area yang sekiranya disukai oleh ular, Bunda bisa melindungi rumah dengan cara menanam jenis tanaman yang tidak disukai ular agar ular tidak mendekat atau masuk ke area rumah.

Jenis tanaman yang tidak disukai ular

  1. Lavender

Lavender adalah tanaman yang memiliki aroma yang kuat dan menyenangkan. Tentunya Bunda akan sangat menyukai keberadaan wangi bunga ini di pekarangan Bunda.

Selain itu, aroma bunga lavender sangat tidak disukai oleh ular, sehingga tanaman lavender bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditanam di halaman rumah.

2. Peppermint

Siapa yang tidak suka aroma peppermint? Peppermint adalah tanaman yang memiliki aroma yang segar dan menyegarkan. 

Aroma ini juga sangat tidak disukai oleh ular, sehingga peppermint bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditanam di halaman rumah agar ular tidak tertarik untuk sering-sering masuk ke pekarangan Bunda. 

3. Rosemary

Rosemary adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Aroma yang dimilikinya dan biasanya sangat disukai manusia ini juga aroma yang sangat tidak disukai oleh ular, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditanam di halaman rumah.

Selain menjadi tanaman yang tidak disukai ular, rosemary juga bermanfaat jika Bunda membutuhkannya sebagai campuran ramuan herbal atau bumbu masak. 

  1. Kecubung

Satu lagi tanaman yang tidak ular sukai adalah tanaman kecubung. Tanaman ini memiliki daun kecil dan bunga yang indah. Selain itu, kecubung juga tidak disukai oleh ular karena memiliki aroma yang tidak disukai oleh ular.

  1. Kaktus

Kaktus bukan hanya unik dan menarik, tetapi juga menjadi tanaman yang tidak disukai oleh ular. Duri yang tumbuh pada batang dan daun kaktus dapat menjadi penghalang bagi ular untuk berlindung, karenanya ular cenderung akan menjauh darinya. 

Dengan menanam tanaman-tanaman di atas, tidak hanya bisa mempercantik halaman rumah, dan mendapatkan aroma yang menyenangkan, tetapi juga bisa menghindari kedatangan ular. 

Selain itu, sebaiknya pastikan juga untuk menjaga kebersihan halaman dan membuang sampah pada tempatnya, karena hal ini dapat mengurangi kemungkinan munculnya hewan liar seperti tikus atau kadal yang bisa menjadi makanan bagi ular. (*/net/pp)

  • Bagikan