Ini Nih, 6 Manfaat Membatasi Minum Kopi yang Perlu Anda Ketahui

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Memang kopi tidak diragukan lagi merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi orang. Tapi, meminum kopi setiap hari tanpa ada batasan, akan sangat membahayakan kesehatan.

Menurut sebuah studi dalam Critical Reviews In Food Science & Nutrition, batas harian kafein yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 400 mg.

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa mengurangi satu cangkir kopi per hari berefek baik pada kesehatan dan tubuh.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co, yang dikutip PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID.

  1. Perbedaan suasana hati

Menurunkan kadar kafein juga bisa mengurangi kecemasan. Sebuah penelitian terhadap hampir 3.000 remaja pada 2015 menemukan bahwa konsumsi kafein yang tinggi dikaitkan dengan stres, kecemasan, dan depresi.

Sementara buku teks 2015 Coffee in Health & Disease Prevention mencatat bahwa orang dengan gangguan kecemasan tampaknya sangat rentan terhadap efek kafein.

  1. Membantu masalah kandung kemih

Salah satu efek samping mengurangi kafein adalah peningkatan diuresis atau mengosongkan kandung kemih, karena kafein membuatmu lebih sering buang air kecil.

Secara umum mengurangi kopi baik untuk kandung kemih, sebuah studi menemukan bahwa minum kopi berlebihan membuat wanita lebih mungkin mengalami inkontinensia urine.

  1. Membantu pencernaan

Mengonsumsi banyak kopi akan membuatmu lebih sering mengalami mulas. Jika kamu mengalami sakit mag secara teratur, kemungkinan mengurangi minum kopi bisa meredakan gejala.

  1. Tidur menjadi lebih baik

Menurut penelitian, mengurangi kopi bisa meningkatkan kualitas tidur dan kegelisahan. Karena itu mengurangi minum kopi juga memberi efek baik. Karena bisa membuat tubuhmu lebih mudah tertidur di malam hari dan bangun dengan perasaan lebih tenang.

  1. Mengalami gejala penarikan

Gejala paling sering saat kamu mulai berhenti mengonsumsi kafein adalah sakit kepala, kelelahan, penurunan energi, dan perasaan tak nyaman. Namun, jika telah total tidak mengonsumsi kafein, tubuhmu akan menjadi lebih baik daripada sebelum mengonsumsinya.

  1. Mengubah mirkobioma usus

Para peneliti menemukan efek kafein pada microbiome usus yang terdiri dari jutaan bakteri dan sel hidup lainnya dan membantu kita mencerna makanan dan melindungi kita dari penyakit. Menurut penelitian kopi bisa memperburuk masalah usus dan meningkatkan risiko kanker kolorektal pada wanita.(genpi/jpnn/palopopos)

  • Bagikan