11 PT se-Tana Luwu MoU dengan Pemkot Makassar

  • Bagikan
Sebanyak 11 perguruan tinggi se-Tana Luwu foto bersama dengan Wali Kota Makassar, Mohamad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) di Gedung SCC, Ahad 21 Mei 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Sebanyak 11 perguruan tinggi di Tana Luwu melakukan penandatangan kerja sama (MoU) dengan Pemkot Makassar dalam hal pengembangan dan implementasi Tridarma Perguruan Tinggi.


kegiatan MoU dilakukan di sela-sela acara Studium Generale (kuliah umum) yang dilakukan Wali Kota Makassar, Mohamad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) di Gedung SCC, Ahad 21 Mei 2023.


Adapun 11 perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Pemkot Makassar, dijelaskan Ketua APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja, Dr Nilawaty Uly,S.Si, Apt, M.Kes, yaitu Universitas Muhammadiyah Palopo oleh Rektor Dr Suhardi M Anwar, Universitas Andi Djemma Palopo oleh Rektor Dr Ir H Annas Boceng, Universitas Mega Buana Rektor Dr Nilawaty Uly, Universitas Cokroaminoto Palopo oleh Rektor Rahman Hairuddin SP M.Si, STISIP Veteran Palopo Drs Abdul Salam M.Si, Institut Kesehatan dan Bisnis KJP Prof Dr Rusdiana Djunaid, STIKES Bhakti Pertiwi Luwu Raya oleh Tanwir Djafar SKM M.Kes, Akper Sawerigading Hj Wardah M, A.Kep M.Kes, Amik Ibnu Khaldun Hasbiah, S.Si Apt, Akademi Maritim Palopo oleh H. Kemal Eden SE MM, Akademi Industri dan Teknologi Dewantara Palopo oleh Ketua Dr Suaedi, dan IAIN Palopo oleh Wakil Rektor Dr Muammar Y.


"MoU ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabadian masyarakat. Jadi mahasiswa dari 11 perguruan tinggi ini bisa dan mudah mengakses hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan Tridarma PT. Bisa saling berkolaborasi," ungkap Dr Nilawaty Uly,S.Si, Apt, M.Kes yang juga Rektor Universitas Mega Buana Palopo ini.


Selaku Ketua APTISI juga, lanjut Dr Nila, sapaannya, selalu mendorong dan memfasilitasi perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak instansi manapun demi pengembangan kampus tersebut. Setelah adanya MoU ini nantinya akan berlanjut ke MoA.


Sebagai informasi jumlah perguruan tinggi di wilayah Komisariat Tana Luwu dan Tana Toraja mencapai 30 kampus. Ini menjadikan yang terbanyak kedua setelah Kota Makassar yang mencapai 200 kampus.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyambut baik adanya MoU dengan perguruan tinggi di Kota Palopo.


"Kalau adik-adik mahasiswa di Palopo mau melihat Kota Makassar, bagaimana mengontrol Kota Makassar silakan datang ke Command Center. Kalau butuh penelitian mahasiswa dan dosen, kita jembatani, ada Balitbangda yang kita juga sudah anggarkan. MoU ini adalah pintu dalam berkolaborasi untuk negeri," kata Wali Kota Makassar 2 periode di awal pembukaan kuliah umumnya yang berjudul "Tantangan Gen-Z & Milenial di Era Metaverse".


Mou juga dihadiri Sekkot Palopo, H Firmanza DP, sejumlah pengurus IKA Unhas Kota Palopo. (idr)

  • Bagikan