Gubernur Sulawesi Selatan Lepas Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Makassar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Keluarga jemaah haji tak kuasa menahan air mata saat mengantarkan sanak keluarganya menuju ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji 1444 H/2023.

Pelepasan jemaah haji kloter 1 dihadiri langsung oleh Ketua Komisi 8 DPR RI Dr. H. Ashabul Kahfi, M.Ag dan anggota, Gubernur Sulawesi selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan jajarannya, Kakanwil kemenag Sulsel, Khaeroni dan lainnya.

Ketua Komisi 8 DPR RI, menyebutkan pemerintah telah memutuskan untuk menambah kuota jemaah haji periode 2023 ini. Adapun jumlah yang ditambahkan sebanyak 8000 orang. 7300 haji reguler dan sisanya untuk haji khusus.

"Mudah-mudahan 8000 tambahan kuota ini dapat terserap semua melalui bantuan kemenag," jelasnya.

Sulawesi Selatan sendiri mendapat tambahan kuota sebanyak 2 kloter. Untuk tambahan jemaah diambil berdasarkan urutan porsi.

Terakhir sia berpesan agar jemaah haji saling menjaga kekompakan, serta senantiasa meningkatkan kepedulian sesama jemaah terkhusus kepada jemaah lansia.

"Tolong dijaga kekompakan, tolong ditingkatkan kepedulian sosialnya sesama jemaah khususnya kepada jemaah lansia," pungkasnya.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bercerita pengalamannya saat menjadi jemaah haji tahun 2022 lalu.

Dia juga berpesan kepada jemaah haji agar senantiasa menjaga dan memperbaiki niat untuk beribadah.

"Pesan saya perbaiki niat, jaga lisan dan mari kita selalu membantu, menolong. Selalulah mebantu Insya Allah ada kemudahan dan fokus (beribadah)," katanya.

Setelah itu, Gubernur Sudirman Sulaiman resmi melepas jemaah haji kloter 1 embarkasi Makassar.

"Pergi dengan niat menjadi haji mabrur dan lulang sebagai haji mabrur. Melepas calon jemaah haji embarkasi Makassar kloter 1, pada Selasa 23 Mei 2023 dengan resmi," pungkasnya.(int/idr)

  • Bagikan