“Mama Muda” Dampingi Dewan Sulsel Andi Hatta Tinjau Pembangunan Masjid Terapung Uwais Al Qarni Jaling Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Kamriah MT Kalulu atau yang dikenal dengan tagline Mama Muda turut mendampingi Anggota DPRD Sulsel, Andi Hatta Marakarma meninjau progres pembangunan Masjid Terapung Uwais Al Qarni di Jalan Lingkar Timur, Kota Palopo, Rabu pagi 24 Mei 2023.

Kamrih dengan setelan atasan kuning dan celana traingin hitam nampak semangat melihat perkembangan pembangunan masjid yang akan jadi ikon baru Kota Palopo ini di bagian pesisir nantinya.

Seperti diketahui, dua pekan lalu Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berkomitmen untuk menghadirkan ikon religi di setiap daerah di Sulsel. Salah satunya di Kota Palopo, yaitu dengan membangun Masjid Terapung di kawasan Jalan Lingkar Timur, Kota Palopo.

Pencanangan pembangunan ditandai peletakkan batu pertama pembangunan yang dilakukan di sela-sela kunjungan kerjanya di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, Rabu 10 Mei 2023. Peletakkan batu pembangunan dilakukan bersama Ketua Golkar Palopo yang juga Wakil Wali Kota, Dr Rahmat M Bandaso disaksikan Kapolres Palopo AKBP Safii Nafsikin, dan Dandim 1403 Palopo Letkol Inf Apriadi Nidjo turut disaksikan Kepala UPT Pendapatan Wilayah Palopo, Chandrawali S.Kom.

Usai peletakkan batu pertama, orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan ini, mengungkapkan pembangunan Masjid Terapung di Kota Palopo ini kami hadirkan tentunya pertama atas permintaan warga yang juga nantinya menjadi salah satu ikon Kota Palopo. Dimana tanah seluas 8 Ha milik H. Samang diwakafkan untuk pembangunan masjid ini, dan telah diserahkan ke panitia pembangunan sebagai tanah peruntukan masjid.

"Kita nantinya (Pemprov) memberikan bantuan hibah kepada pemilik tanah bersama Pemkot Palopo. Kita sudah sepakat dengan Pak Wali Kota Palopo bahwa ini dimanfaatkan supaya bisa menjadi salah satu destinasi masyarakat," jelas Gubernur Sulsel yang tiba di Kota Palopo dari Makassar menggendarai helikopter dan mendarat di Lapangan Gaspa Kodim Palopo sekira pukul 12.30 Wita.

Dengan adanya ikon baru ini nantinya, kata Gubernur yang akrab disapa Gubernur Andalan Sulsel ini, semakin menjadikan Kota Palopo sebagai episentrum tujuan destinasi.

Mengenai waktu penyelesaian pembangunan Masjid Terapung yang diberi nama "Uwais Al Qarni" ini, kata Gubernur Andi Sudirman diharapkan sesegera mungkin diselesaikan. "Kita rencanakan secepatnya diselesaikan. Lebih cepat lebih baik, sehingga nantinya bisa digunakan untuk kegiatan religi ke depan," sebutnya.

Sekadar diketahui nantinya pembangunan Masjid Terapung Uwais Al Qarni Kota Palopo akan dikelola melalui DKM Masjid yang bantuan hibahnya dari kami (Pemprov Sulsel) sebesar Rp13 miliar, agar harapannya bantuan tersebut dikelola secara tanggung jawab. "Kami mohon Pak Kapolres dan Dandim support secara penuh ya," harap Gubernur Andalan.

Adapun luas lahan yang disiapkan untuk pembangunan Masjid Terapung Uwais Al Qarni Kota Palopo yaitu mencapai 8 hektare. Dimana selain bangunan utama adalah masjid, juga dilengkap beberapa spot wisata, spot istirahat bagi masyarakat yang lewat.

Untuk itu harapan Gubernur Andi Sudirman, mohon doanya kepada segenap masyarakat Kota Palopo, Wali Kota Palopo, Wakil Wali Kota, Kapolres, dan Dandim 1403 Palopo agar ini bisa berjalan sukses, menjadi sebagai salah satu ikon Kota Palopo (idr)

  • Bagikan