Mantan Legislator ‘Loncat’ Partai

  • Bagikan
ILUSTRASI

Cari Peluang Kembali Duduk di Parlemen

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Perhelatan Pileg DPRD Palopo pada Pemilu memuat beberapa figur, terutama figur atau politisi yang pernah merasakan kedudukan anggota DPRD.

Palopo Pos merangkum, beberapa politisi atau mantan anggota DPRD yang kembali meramaikan Pileg DPRD Palopo mendatang.

Nama-nama tersebut adalah Yasman Miming yang bergabung di PPP. Yasman Miming merupakan mantan politisi senior Golkar yang pernah menjadi legislator di 2 daerah yakni Kota Palopo dan Kabupaten Luwu. Pileg 2024, Yasman Miming akan bersaing di Dapil 1 Kota Palopo meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara.

Kemudian, Rudi Sukarni yang juga pernah merasakan hangatnya kursi sebagai anggota DPRD Palopo. Pada Pileg mendatang Rudy Sukarni bersaing lewat partai Gelora mewakili Dapil 4, Kecamatan Bara dan Telluwanua.

Selanjutnya, ada Alimuddin Nur yang merupakan mantan politisi PAN. Di Pileg 2009, Alimuddin menjabat sebagai wakil ketua DPRD Palopo dan kini bergabung di partai Golkar dan turut meramaikan perhelatan Pileg 2024 di Dapil 3 yakni, Kecamatan Sendana, Mungkajang dan Wara Barat.

Demikian ada nama Muhammad Nasir. Alimuddin dan Muhammad Nasir merupakan politisi PDK pada periodennya anggota DPRD Palopo tahun 2009. Ia pun memilih partai Golkar sebagai tempat berlabuhnya dan siap bertarung di Pileg mendatang lewat Dapil 3.

Ada juga nama Marten Paelongan yang merupakan mantan anggota DPRD Palopo periode 2009 yang pada waktu itu lewat Partai Demokrat. Marten kini memperkuat Partai Hanura dan masuk salah satu Caleg di Dapil 1.

Yang terakhir, ada nama Taming Somba. Taming adalah mantan legislator asal PAN 2 periode sejak 2004. Di Pileg mendatang, Taming akan bersaing lewat partai Gerindra di Dapil 4. Juga ada Hj Hasriyanti dari Nasdem pindah ke Gerindra. H Hendry dari Demokrat pindah ke Nasdem.

Terkait keikutsertaannya dalam perhelatan Pileg, Taming menegaskan optimisminya memenangkan persaingan. Adapun dirinya bergabung di Gerindra tentunya tidak lepas dari analisis terhadap peluang lolos. "Saya sudah terlanjur di Gerindra. Lagi pula tentu peluang untuk lolos itu ada. Karena sebenarnya partai itu adalah sebuah kendaraan yang siapa saja bisa menukanginya dalam mencapai suatu tujuan," tandas Taming. (rul/idr)

Mantan Anggota DPRD Pindah Partai

  • Yasman Miming : Dari Golkar Luwu ke PPP Palopo
  • Rudi Sukarni : Dari Hanura ke Gelora
  • Alimuddin Nur: Dari PAN ke Golkar
  • Muhammad Nasir: Dari PDK ke Golkar
  • Marten Paelongan: Dari Demokrat ke Hanura
  • Taming Somba : Dari PAN ke Gerindra
  • Hj Hasriyanti : Dari Nasdem ke Gerindra
  • H Hendry : Dari Demokrat ke Nasdem
  • Bagikan