Rektor Menyapa Alumni dan Bagi-bagi Beasiswa

  • Bagikan

Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt., M.Kes. --ist--

Alumni: Terima Kasih Universitas Mega Buana

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt., M.Kes melakukan tatap muka bersama alumni UMB Palopo secara langsung melalui program 'Rektor Menyapa Alumni' yang digelar di Aula lantai 3, Kampus 1, Jalan Andi Ahmad, Sabtu 27 Mei 2023. Pada kegiatan yang digelar secara Hybrid (Online dan Offline) ini, Rektor UMB Palopo membagi-bagikan doorprize berupa beasiswa senilai Rp2 juta kepada 14 peserta yang beruntung.

Turut hadir Wakil Rektor I UMB Palopo, Indra Amanah AN, SKM., MPH, Wakil Rektor Bidang Keuangan & SDM, Evawati Uly, S.Farm., Apt.,M.M, Wakil Rektor III, Suwandi N,SKM.,M.PH, Dekan Fakultas Kesehatan, Yuniar Dwi Yanti, S.ST., M.Keb, Dekan Fakultas Bisnis, Arianto Dangkeng,S.E.,M.M, Dekan Fakultas Hukum, Nursyamsi Ichsan, SH, MH, serta sejumlah Ketua Prodi bersama mahasiswa.

Sementara itu, hadir secara daring dan luring Alumni dari Prodi S1 Keperawatan & Profesi Ners. S1 Kesehatan Masyarakat, D4 Kebidanan dan S1 Ilmu Hukum. Salah satu alumni yang hadir secara langsung yakni Syarifah Nurrahmania Kasim, alumni yang baru baru ini meraih penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (OTDA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain itu terdapat beberapa alumni lainnya dari semua angkatan, kemudian sejumlah alumni yang hadir secara daring adalah mereka yang bekerja di luar negeri seperti di Arab Saudi, Jepang dan sejumlah alumni dari beberapa daerah lainnya di indonesia.

Rektor, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt., M.Kes disela-sela acara mengungkapkan rasa syukur bahwa lulusan UMB Palopo dapat terserap dalam dunia kerja dengan baik. Selain itu menyatakan bahwa UMB Palopo sangat memperhatikan kualitas lulusannya.

Mulai dari pengetahuan, keterampilan, dan Kompetensi lainnya sesuai dengan keilmuannya masing-masing yang dibekali kepada mereka selama masa studi teraplikasi dengan baik dalam dunia kerja, seperti yang diungkapkan para alumni di acara ini.

"Dalam perjalanan UMB Palopo kita sudah merancang sejumlah program untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mahasiswa seperti pelatihan BTCLS untuk Keperawatan, APN, CTU, dll untuk mahasiswa Kebidanan, pelatihan K3 untuk Kesehatan Masyarakat, program MBKM, magang serta pelatihan yang dibutuhkan untuk prodi Ilmu Hukum, dan Komputer. Serta sejumlah program kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan Luar Negeri, terkait dengan serapan tenaga kerja lulusan kita, dan alhamdulillah lulusan kita diterima dengan baik sebagaimana yang kita harapkan,"ungkapnya.

"Dan UMB Palopo senantiasa berupaya meningkatkan layanan untuk mempersiapkan lulusan agar mudah terserap di dunia kerja dan dapat berkinerja dengan baik serta dapat berwirausaha," tambahnya.

Pada kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow ini para alumni berbagi pengalaman mereka dalam dunia kerja. Syarifah Nurrahmania Kasim yang beberapa tahun mencicipi Riyal Arab Saudi di salah satu rumah sakit di Arab Saudi berpesan kepada mahasiswa agar membangun attitude yang baik," yang terpenting dalam dunia kerja adalah attitute," katanya.

Karena menurut Syarifah sentuhan bidan atau perawat mesti dari hati dalam memberikan perawatan kepada pasien dan itu sangat disukai oleh rumah sakit di luar negeri. Dan tentunya kemampuan softskill juga sangat dibutuhkan.

Syarifah juga mengungkapkan bahwa sebelumnya ia tidak pernah berfikir untuk bekerja di luar negeri, " tetapi dengan dorongan serta adanya program dari kampus UMB pada saat itu yang memfasilitasi kami mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan yang di selenggarakan BNP2TKI sehingga menjadi termotivasi untuk bekerja di Luar Negeri," ujarnya.

Hal itu diamini juga oleh Salah seorang alumni asal Sulawesi Utara, Bidan Helmy Makatey, STr. Keb, ia mengungkap saat menjadi mahasiswa mereka dibekali dengan program bimbingan bahasa asing sehingga memudahkan mahasiswa bekerja ke luar negeri.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Suwandi N,SKM.,M.PH diawal sambutan mengatakan kegiatan ini dirancang sebagai salah satu upaya UMB Palopo melakukan Tracer Alumni, selain itu sebagai media bincang-bincang antara Rektor dan alumni terkait prospek kerja baik di luar negeri maupun dalam negeri serta berbagi tips kepada mahasiswa terkait kebutuhan dunia kerja saat ini.

Di kesempatan ini juga, Suwandi N,SKM., M.PH menyinggung terkait penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang tiga masih dibuka dengan sejumlah kemudahan diberikan kepada calon mahasiswa. Misalnya biaya kuliah dan memperkenalkan sejumlah keunggulan yang dimiliki kampus merah biru ini.

"Melalui kegiatan ini, kita berupaya menghadirkan banyak hal dapat memberikan manfaat kepada semua, untuk para Alumni, Mahasiswa dan utamanya calon mahasiswa baru, bahwa UMB Palopo senantiasa memperhatikan kualitas lulusannya, mulai dari penerimaan Maba, saat menjadi mahasiswa hingga saat mereka telah menjadi alumni," tuturnya.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan kehadiran home band yang hadir menghibur acara tersebut, dengan penampilan tunggal Rektor yang membawakan empat buah lagi yang hits saat ini.(rls/pp)

  • Bagikan