Prabowo-Ganjar Bakal Bertempur Hebat di Provinsi Ini Perebutkan Suara pada Pilpres 2024

  • Bagikan
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo meninjau panen raya padi di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- bakal calon presiden, Prabowo Subianto dan Gajnar Pranowo bakal bertempur habis-habisan di dua provinsi ini untuk merebut suara pada pemilihan prsiden 2024 mendatang.

Berdasarkan surveri terbaru yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan saling tebar pesona di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Tapi, di daerah lain, Prabowo berhasil merebut tiga dari lima provinsi peraih suara pada Pilpres 2024. Ketiga provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Banten.

Prabowo mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Hal tersebut sebagaimana hasil survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 1-14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden.

Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen.

"Prabowo unggul di Jawa Barat, Sumatera Utara dan Banten, tiga provinsi besar di Indonesia dengan pemilih yang banyak," kata pembicara LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Senin, 29 Mei 2023.

Dia mengatakan, di Jawa Barat suara Prabowo berada di angka 29 persen, diikuti Anies dengan 26.3 persen dan Ganjar 15 persen.

Kemudian di Sumatera Utara, Prabowo memperoleh 50,0 persen, unggul jauh dari Anies dengan 32.6 persen dan Ganjar 16.2 persen.

Suara Prabowo juga unggul jauh di Banten. Prabowo mendapat 48.2 persen diikuti Anies dengan perolehan 17.5 persen, dan Ganjar 17.5 persen.

"Jawa Timur, saat ini yang unggul adalah Ganjar dengan perolehan 35.3 persen diikuti Prabowo dengan perolehan 20.2 persen, dan Anies dengan perolehan 8.2 persen," sambungnya.

Ardian menyebutkan untuk Jawa Tengah yang teratas adalah Ganjar dengan perolehan 55.2 persen diikuti Prabowo dengan perolehan 20.4 persen, dan Anies dengan perolehan 4.3 persen.

Ardian menambahkan, Jawa Timur dan Jawa Tengah akan menjadi peta pertempuran sengit antara Prabowo dan Ganjar.

Hal ini karena di dua provinsi ini yang didominasi pemilih Jokowi sebelumnya terbelah antara mendukung Ganjar dan Prabowo.

"Jatim dan Jateng menjadi lumbung suara Pak Ganjar tetapi ini juga pasti buat relawan-relawan atau kandidat lain juga peta pertempuran yang nantinya akan sengit kalau kita lihat yang ada," tuturnya.(kontenjatim/fajar/pp)

  • Bagikan