Bawaslu Palopo Temukan Masalah Vermin Bacaleg

  • Bagikan

PALOPO --- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo temukan beberapa masalah dalam tahap prosesi Verifikasi Administrasi (Vermin) terhadap Bacaleg DPRD Kota Palopo yang telah diajukan Parpol.

Diantaranya kegandaan bacaleg yang terdaftar di dua partai. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kota Palopo Ahmad Ali, S.Pd.
“Kami menemukan beberapa hal, yaitu terjadi beberapa kegandaan dalam pengajuan bakal calon,” ujar Ahmad Ali.

Kegandaan ini terjadi, pasalnya terdapat Bacaleg yang mengajukan diri di beberapa partai.
“Misalnya diajukan partai A, juga ternyata diajukan namanya di Partai B, ” lanjut Ahmad Ali.

Tak hanya masalah kegandaan, sejumlah partai dalam kelengkapan administrasi pengajuan Bakal calon Surat Keterangan tidak pernah sebagai terpidana tidak sesuai .terdapat kegandaan nik, terdapat bakal calon yang berstatus ASN tidak melampirkan Surat Ket.Pengunduran diri.

Temuan lainnya, beberapa foto hasil scan KTP ternyata tidak sesuai dengan foto dalam dokumen caleg.
Berdasarkan hal tersebut, Ahmad Ali menegaskan KPU untuk sementara mengkategorikan Bacaleg ini Belum Memenuhi Syarat (BMS).

“Jika sampai pada akhir masa perbaikan Partai yang mengajukan Bacaleg tidak melakukan perbaikan di akun Silon mereka, maka Bacaleg tersebut akan di TMS-kan oleh KPU” tegasnya.
Untuk itu, Ahmad Ali berharap agar Partai Politik dapat terus memantau dan melakukan perbaikan terhadap dokumen kelengkapan Bacaleg yang mereka ajukan, baik terkait  kelengkapan, juga kebenaran dan keabsahan dokumen yang diserahkan.

“Silahkan maksimalkan waktu masa perbaikan yang ada, sesuai dengan pkpu 10 tahun 2023 pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon mulai pada tanggal 26 Juni - 09 Juli 2023 dan untuk Verifikasi administrasi perbaikan bakal calon mulai pada tanggal 10 Juli - 06 agustus 2023 ,jika perlu lakukan perbaikan dari sekarang yakni pada tahapan verifikasi admnistrasi dokumen persyaratan bakal calon yang mana telah dimulai pada tanggal 15 Mei 2023 dan akan berakhir pada tanggal 23 juni 2023.(rls)

  • Bagikan