Tiga Legislator Provinsi Dapil Tana Luwu “Naik Kelas”

  • Bagikan

Peluang Bagi Bacaleg Daerah Duduk di Provinsi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Jika di DPRD Kota Palopo, ada lima dewan yang "naik kelas" membidik Pileg Provinsi Sulsel pada 2024 mendatang, di DPRD Provinsi Sulsel Dapil Luwu Raya, juga ada tiga dewan yang "naik kelas". Ini jadi peluang besar bagi pendatang baru dari daerah bisa mengisi kuota tersebut.

Ketiga dewan Sulsel dari Luwu Raya itu adalah Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Andi Hatta Marakarma, Husmaruddin (PAN), dan Irwan Hamid (PKB).
Ketiga dewan Sulsel Dapil Luwu Raya ini naik kelas, untuk mencari tantangan dan pengalaman baru.

Sebut saja, Andi Hatta Marakarma yang naik kelas dengan mendaftar sebagai calon Anggota DPD RI asal Sulsel (senator). Lalu, ada Husmaruddin yang kini tak maju lagi sebagai bacaleg, namun lebih konsentrasi untuk maju sebagai bacalon Bupati Luwu 2024, mendatang. Terus ada Anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid yang maju sebagai bacaleg DPR RI Dapil Sulsel 3 mengendarai PKB.

Di Pileg 2024 nanti, tentunya tiga jatah kursi berpeluang akan diisi pendatang baru. Sebagaimana diketahui untuk kuota kursi di DPRD Provinsi Sulsel Dapil Luwu Raya mendapat 11 kursi.

Dimana saat ini 11 wakil rakyat duduk di DPRD Sulsel, yaitu, Andi Hatta Marakarma (Golkar), Husmaruddin (PAN), Irwan Hamid (PKB), Marthen Rantetondok (Golkar), Fadriaty AS (Demokrat), Jabbar Idris (PPP), Rakhmat Kasjim (Nasdem), Wahyuddin M Nur (Hanura), Marjono (Gerindra), Andi Syarifuddin (PKS), dan Esra Lamban (PDIP),
Andi Hatta yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu, menyampaikan motivasinya untuk maju sebagai Calon Anggota DPD RI dari Sulsel, salah satunya berkat dorongan dari keluarga besar, tim, dan terutama masyarakat Sulsel sebagian.

Sosok Andi Hatta untuk duduk di DPD RI (Senayan), terbilang figur yang cocok. Lantaran pernah sebagai kepala daerah Luwu Timur 2 periode, lalu saat ini masih tercatat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulsel (Golkar).
Dengan bekal pengalaman ini dirinya siap untuk mengawal kepentingan masyarakat sebagai senator ditingkat pusat.
“Insya Allah berbekal pengalaman yang saya miliki, saya siap untuk menjadi wakil rakyat untuk memajukan daerah khsusnya di Sulawesi Selatan,” ucap Politisi Golkar ini.

Husmaruddin
Nama Husmaruddin digadang-gadang maju di pilkada Kabupaten Luwu 2024.
Bahkan niatan tersebut mendapat restu dari Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi.

Jika sosialisasi maksimal, kata Kahfi akan dibuktikan dengan respon masyarakat melalui survei. "Kalau mengukur dari kapasitas semua layak. Tetapi untuk mengusung calon kepala daerah salah satu pertimbangannya hasil respon publik dari survei," katanya.

Tetapi Kahfi menegaskan agar semua kader untuk sementara fokus dahulu memenangkan PAN di Pileg. Bagi yang berminat maju di Pilkada sekaligus bisa sosialisasi memperkenalkan diri.

Irwan Hamid
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menargetkan "pecah telur" meloloskan perwakilannya ke Senayan pada Pileg Februari 2024, mendatang dari Dapil Sulsel 3.

Agar bisa mewujudkan target tersebut, figur bacaleg yang diusung bukanlah 'kaleng-kaleng, tetapi petarung.
Beberapa nama yang disebut-sebut masuk dalam komposisi tim PKB DPR RI dari Dapil Sulsel 3 yang pertama adalah Anggota DPRD Sulsel 2 periode, Ir Irwan Hamid.

Figur Ir Irwan Hamid bagi masyarakat Tana Luwu sudah tidak asing lagi. Karir politiknya cemerlang. Mulai dari mengawali karir masuk sebagai Anggota DPRD Kota Palopo 2009-2014. Dua periode di Parlemen Kota Palopo, lalu mencoba naik kelas ke DPRD Provinsi Sulsel, dan terpilih hingga saat ini.

Di Pileg 2024, mendatang oleh Ketum PKB, Muhaimin Iskandar mendorongnya kembali naik kelas ke caleg DPR RI. Bahkan, Irwan juga ditantang untuk maju di Pilwalkot Palopo 2024 mendatang.
Irwan Hamid yang juga Ketua Banggar DPRD Sulsel ini menjelaskan, memang dirinya akan maju caleg DPR RI 2024, mendatang. Dan saat ini penyusunan komposisi caleg untuk PKB sudah hampir rampung.(idr)

Tiga Dewan Sulsel Dapil Luwu Raya "Naik Kelas"

Andi Hatta Marakarma (Golkar) : Membidik DPD RI
Irwan Hamid (PKB) : Membidik DPR RI Dapil Sulsel 3
Husmaruddin (PAN) : Membidik Bupati Luwu 2024

  • Kuota kursi DPRD Sulsel dari Dapil XI Luwu Raya : 11 Kursi
  • Sebanyak 143 bacaleg membidik DPRD Sulsel dari Dapil Luwu Raya
  • Bagikan