Mahasiswa Komunikasi Unismuh Praktek Terbitkan Majalah Cetak Digital

  • Bagikan

Oleh: Muh. Zaad
(Pimpinan Redaksi Majalah Ikomers Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Makassar)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar angkatan 2020 resmi melaunching enam majalah berita digital.

Kegiatan ini digelar di Menara Iqra Lantai 18, Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 31 Maret 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh, Sukri, S.Sos, MSi, dosen pengampu mata kuliah, Dr. Muhammad Yahya, M.Si, para dosen Komunikasi lainnya: Wardah S. Sos MA, Indah Pratiwi Manggaga S.Sos MA, serta Arni Skom MI Kom.

Majalah berita digital dibuat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 ini menyajikan sejumlah informasi maupun peristiwa yang terjadi di Unismuh Makassar.

Launching majalah berita digital yang dibuat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi terdapat enam , yakni Cretis, Simetris, Ikom20ne, Ikomers, Milenial Info, dan Mediakom.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Unismuh Syukri MS.I, menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020.

Sebagai kaprodi mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas rencana peluncuran media internal prodi Ikom, karena ini merupakan wujud dari kreatifitas mahasiswa yg telah menunjukkan kemampuannya dalam memproduksi sebuah media.

Ia juga menyampaikan harapannya agar kemunculan media tersebut dapat memberikan perspektif baru dalam media yang diciptakan oleh mahasiswa, dan dapat rutin juga kontinyu terbit, katanya

Dosen Ilmu Komunikasi, Dr. Muhammad Yahya MSi, selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan Jurnalistik mengatakan kegiatan ini merupakan praktik pembelajaran bagi mahasiswa.

Praktek membuat majalah cetak dan majalah digital memperkenalkan dan memberi keterampilan cara produksi media cetak mulai dari proses merencanakan isi berita, mencari dan mengedit berita sampai kemudian masuk dalam proses layout dan akhirnya diproses cetak, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa karena sudah memiliki kemampuan dasar dalam memproduksi media cetak dan majalah digital.

Hasil karya yang diproduksi para mahasiswa kami apresiasi sebagai bagian dari inovasi sekaligus kemampuan mahasiswa menetapkan teori yang didapatkan dalam perkuliahan pada, mata kuliah Kewirausahaan dan kemudian praktek seolah menjalani dunia industri media massa,” apresiasinya.

Ia juga berharap keterampilan dasar yang dimiliki mahasiswa terus dikembangkan dan diasah agar menjadi modal utama setelah selesai studi.

Lewat praktek kerja mata kuliah ini kemudian pihak Prodi Ilmu Komunikasi akan secara rutin sekali sebulan akan menerbitkan dan meluncurkan media internal prodi yang diberi nama IKOM POST.

Salah seorang mahasiswa kru Majalah Ikomers, Muhammad Fauzan, mengatakan bahwa majalah yang diterbitkan dapat menjadi wadah informasi untuk warga Fisip Unismuh Makassar, dan untuk khalayak umum lainnya.

Harapan saya dari majalah ini semoga bisa tetap terus terjaga, terpelihara dan senantiasa memberikan informasi akurat untuk warga Fisip Unismuh Makassar itu sendiri,” pungkasnya.

Fauzan juga berharap Lewat kreativitas tersebut dapat menjadikan Ilmu Komunikasi di kenal di berbagai kampus ada di Makassar tentunya. Dan semoga bisa menjadi daya tarik untuk calon mahasiswa baru untuk memilih Ilmu Komunikasi. (*/rls)

  • Bagikan