Prof Muh Yunus Guru Besar Pertama Universitas Patompo Makassar

  • Bagikan

Nampak Kepala LLDIKTI IX, Dr Andi Lukman, M.Si saat bersama dengan Rektor Universitas Patompo Makassar, Prof Dr Drs H. Muh Yunus, M.Pd di aula kampus beralamat Jl. Hertasning Makassar, Rabu 7 Juni 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kepala LLDIKTI IX, Dr Andi Lukman, M.Si menyerahkan SK Guru Besar Rektor Universitas Patompo Makassar, Prof Dr Drs H. Muh Yunus, M.Pd di aula kampus beralamat Jl. Hertasning Makassar, Rabu 7 Juni 2023.

Prof Muh Yunus merupakan Guru Besar pertama di Universitas Patompo. SK Guru Besar itu pada bidang Sosiologi Pendidikan dan Ekologi dengan angka kredit 876,50 diserahkan bernomor: 26317/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

Jabatan Fungsional sebelumnya, Lektor Kepala 670/per 1 April 2010 dengan Pembina Tk l, IV/b, per 1 April 2013.

Pada SK itu ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, tertanggal 22 Mei 2023.

Suasana penyerahan SK Guru Besar turut hadir Kabag Umum Kantor LLDIKTI IX, Syahruddin, ST yang juga salah seorang alumni Universitas Patompo.

Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia (Yaspi), Andy Chaeruddin Patompo, Rektor Universitas Teknologi Akba Makassar, Dr. Askar Taliang, M.Si.Dekan Fakultas MIPA UNM, Drs. Suardi Anas, M.Si., Ph.D serta para dosen dan civitas akademika kampus lainnya.

Dekan FKIP, Dr. Alin Liana, S.Si.,M.Sc. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Andi Arifuddin Iskandar; Dekan Fak Ekonomi, Dr Muhammad Yahya, M.Pd, Wakil Dekan Ekonomi Drs Andi Baharuddin, M.Pd dan para pejabat lainnya.

Kepala LLDIKTI IX Dr Andi Lukman pada sambutan penyerahan SK itu mengapresiasi atas pencapaian Rektor Universitas Patompo yang telah meraih jenjang jabatan fungsional tertinggi dalam karier seorang dosen.

Pencapaian Guru Besar ini atas kerja keras dan semangat serta motivasi yang kuat untuk mencapai jabatan fungsional tertinggi bagi para dosen.

Doktor Ilmu Manajemen PPs-UMI Makassar ini mendorong dan mengajak seluruh para dosen di Universitas Patompo agar peduli dan memperhatikan pengurusan jabatan fungsional agar mampu mengikuti jejak pencapaian Prof Muh Yunus.

Dr Andi Lukman mengaku selama masa periode diberi amanah jadi Kepala LLDIKTI IX, sejak 6 Januari 2022 dosen LLDIKTI IX yang telah mencapai Profesor mencapai sebanyak 41 orang. Sepanjang tahun 2022 sejumlah 31 Profesor dan sampai Juni 2023 telah mencapai 10 orang.

Pada kesempatan itu Dr Andi Lukman berpesan, pendapatan bagi seorang profesor boleh bertambah tetapi yang tidak boleh bertambah adalah penerima pendapatan itu.

Ditempat sama Ketua Yayasan Pembangunan Indonesia (Yaspi), Andy Chaeruddin Patompo kepada media mengatakan, sangat gembira dan bahagia atas pencapaian Guru Besar bagi Rektor Universitas Patompo, Prof H Muh Yunus.

Pencapaian Guru Besar ini, sehingga Andy Chaeruddin meminta agar para dosen Universitas Patompo dapat juga diikuti oleh para dosen lainnya mengurus dan memperhatikan jabatan fungsional.

Peningkatan kualitas sumber daya dosen ini secara langsung akan memberi daya saing dan kualitas pengelolaan perguruan tinggi.

Andy Chaeruddin juga menambahkan ke depan akan terus melakukan pengembangan dengan mempersiapkan sumber daya dosen untuk membuka Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, membuka prodi S3 dan S2, katanya.

Prof Muh Yunus lahir di Pallameang, Pinrang 31 Desember 1964. Pendidikan tinggi yang ditempuhm Sarjana Pendidikan Biologi IKIP Ujung Pandang; Program Magister PKLH Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dan Program Doktor Sosiologi Universitas Negeri Makassar.

Sebelum jadi Rektor Universitas Patompo, Prof Muh Yunus pernah diberi amanah jadi Ketua STKIP Pembangunan Indonesia.

Universitas Patompo merupakan penggabungan tiga perguruan tinggi yakni; Institut Sains dan Teknologi Pembangunan Indonesia; Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PI; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PI, sesuai SK Mendikbudristek No: 422/E/0/2022, tentang izin penggabungan tertanggal 10 Juni 2022 ditandatangi oleh Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Nizam atas nama Mendikbudristek.

Saat ini UP Makassar membina 10 prodi yakni; Magister Pendidikan Ekonomi; S1 Teknik Sipil; S1 Teknik Elektro; S1 Manajemen; S1 Ekonomi Pembangunan; S1 Pendidikan Biologi; S1 Pendidikan Ekonomi; S1 Pendidikan Matematika; S1 Statistika; S1 Akuntan

Saat ini yang jadi Wakil Rektor I, Drs H. Ahmad Hasyim, M.Si; Wakil Rektor II, Dr Rahmawati, SE, M.Si; Wakil Rektor III, Dr. M. Sri Yusal SSi MSi.(***/pp)

  • Bagikan