BBPJN Sulsel Atasi Kerusakan Jalan di Belopa

  • Bagikan

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel melakukan pemeliharaan badan jalan dalam wilayah Ibukota Belopa. Penanganan rehabilitasi mayor tersebut sepanjang 2,5 KM. --andrie islamuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan kembali melakukan pemeliharaan badan jalan dalam wilayah Ibukota Belopa agar dapat dilalui dengan nyaman oleh pengguna jalan. Demikian yang diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Satker PJN II-BBPJN Sulsel, Muhammad Rizal, S.ST, kepada Palopo Pos Kamis, 8 Juni 2023.   

"Badan jalan trans Sulawesi di dalam wilayah Ibukota Belopa kami lakukan Penanganan rehabilitasi mayor sepanjang 2,5 KM berupa pengaspalan 2 lapis (AC-BC dan AC-WC) dengan menggunakan aspal asbuton. Saat ini masih dalam tahap penyiapan lahan berupa penambalan lubang dan retak-retak pada perkerasan aspal lama yang kemudian nantinya akan dilapisi aspal diatasnya," Ungkap Rizal

Rizal mengatakan, disamping itu pihak BBPJN Sulsel juga, melakukan perkuatan bahu jalan berupa pembuatan pasangan batu, dengan material kelas S dan pengaspalan 1 lapis seperti di Desa Mario Kecamatan Ponrang, seraya mengatakan pembenahan jalan dalam Ibukota Belopa dilaksanakan berkelanjutan sejak tahun 2021, 2022, dan tahun 2023 ini.

"Tahun 2021 di intervensi dengan beberapa penambalan. Yang cukup besar di tahun 2022 dimana BBPJN Sulsel mengalokasikan anggaran Rp 18 milyar untuk penambalan dan overlay jalan trans Sulawesi di Kabupaten Luwu, termasuk 6 KM overlay satu badan jalan di dalam wilayah Ibukota Belopa, " kata Rizal.

Rizal menambahkan, tahun 2023, PPK 2.2 BBPJN Sulsel mengalokasikan anggaran Rp.56 miliar untuk menanganai paket preservasi jalan dan jembatan di sepanjang Bts. Kab. Wajo - Belopa - Palopo - Bts. Luwu Selatan, yang dilaksanakan oleh penyedia jasa PT. Wiratama Karya Nugraha. Lokasi penanganan berupa pelapisan aspal 1 lapis (minor) dan 2 lapis (mayor) sepanjang 19,9 km yang tersebar pada 10 ruas jalan mulai dari Bts. Wajo/Luwu - Belopa - Palopo dan jalan arah ke Tana Toraja.

" Tahun 2023 ini ada penanganan overlay di Kabupaten Luwu dengan total panjang 15 KM, termasuk Rp 2 KM didalam wilayah Ibukota Belopa. Selain itu dilaksanakan pula pemeliharaan/rehabilitasi jembatan antara lain perkuatan abutmen J. S. Pareman, perbaikan lining/sandaran dan tiang/railing jembatan serta pembersihan sampah hanyutan pada jembatan, andas Rizal. (andrie islamuddin)

  • Bagikan