Jelang Habis Masa Jabatan, Wali Kota Perbanyak Proyek Puluhan Miliar

  • Bagikan

Sementara Rastra Warga Miskin tak Tersalur

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Masa jabatan Wali Kota Palopo terbilang 4 bulan lagi yakni bulan September 2023. Mendekati masa berakhirnya masa jabatan Wali Kota terdapat beberapa item proyek yang akan dilaksanakan. Proyek tersebut yakni Landscape kantor Wali Kota Rp9,2 miliar dan Revitalisasi Kawasan Stadion Lagaligo Rp19,5 Miliar. Selain itu ada juga penataan Landscape Kawasan Stadion Lagaligo Rp4,8 miliar, Renovasi Swimbath Rp6,5 miliar dan Pembangunan Joging Track Rp4,8 Miliar.

Adanya 2 program tersebut dibenarkan anggota DPRD Palopo, Muhammad Mahdi. Legislator asal PPP yang tergabung dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD ini mengungkapkan bahwa 2 proyek ini telah masuk dalam perencanaan dari program yang akan dilaksanakan di tahun 2023. "Item program ini tertera dalam rancangan APBD Pemkot Palopo di tahun 2023 yang dibahas di akhir tahun 2022," katanya di ruang kerjanya, Rabu, 7 Juni 2023.

Mahdi menambahkan bahwa anggaran terhadap 2 proyek ini merupakan peralihan dari rencana pembangunan Wisma Negara sekitar Rp30 miliar. "Untuk pembangunan Wisma Negara batal dilakukan. Makanya, anggaran itu dialokasikan untuk sejumlah proyek fisik, termasuk Landscape atau penataan kantor Wali Kota dan Revitalisasi Kawasan Stadion Lagaligo," katanya.

Mengenai soal desain atau penataan kantor Wali Kota ini, Mahdi mengaku belum melihat seperti apa. "Mengenai soal itu tentu kepada Dinas terkait yang melaksanakan kegiatan itu. Yang kami tahu hanya kapasitas anggaran yang diusual," katanya.

Proyek di atas menelan anggaran hingga puluhan miliar. Sementara penyaluran Program Beras Sejahtera (Rastra)di Kota Palopo di tahun 2023 ini belum ada sama sekali.
Terlebih lagi saat ini waktunya sudah memasuki triwulan kedua. Mirisnya lagi, anggaran Program Rastra yang semula dianggarkan tahun 2022, lalu senilai Rp1,2 miliar, untuk APBD Tahun 2023 dipangkas drastis, tersisa Rp600 juta saja. Itupun juga masih menunggu APBD Perubahan 2023 baru akan ditambahkan anggarannya. (rul/idr)

Proyek Wali Kota Akhir Masa Jabatan

  • Landscape kantor Wali Kota : Rp9,2 M
  • Revitalisasi Kawasan Stadion Lagaligo : Rp19,5 M
  • Penataan Landscape Kawasan Stadion Lagaligo : Rp4,8 M
  • Renovasi Swimbath : Rp6,5 M
  • Pembangunan Joging Track Rp4,8 M
  • Bagikan