BPBD Palopo Workshop Kajian Resiko Bencana

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. iD, TOMPOTIKKA-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo menggelar Workshop Penyusunan Kajian Resiko Bencana di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Jumat, 16 Juni 2023.

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palopo, H Firmanza DP membawa materi kebencanaan pada workshop ini.


Laporan Ketua Panitia Pelaksana BPBD Palopo, Muh. Maulana mengatakan, tujuan Workshop Penyusunan Kajian Resiko Bencana dalam rangka penguatan data dan sekaligus bimbingan teknis pengumpulan data indeks ketahanan masyarakat untuk kajian resiko bencana Kota Palopo.

Dalam upaya pengkajian resiko bencana tetap mengacu standar pelayanan minimal berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 yaitu informasi rawan bencana, pencegahan kesiapsiagaan, dan penyelamatan. Salah satu kegiatan yang harus terpenuhi dalam informasi rawan bencana adalah kajian resiko bencana Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Palopo melalui Badan Penanggalangan Bencana Daerah Kota Palopo.

Dalam tahap penyusunan dokumen kajian resiko bencana dan sekarang telah memasuki tahapan workshop indeks ketahanan daerah dan indeks kesiapsiagaan masyarakat. Indeks ketahanan daerah digunakan untuk memonitoring dan evaluasi indeks resiko bencana pada suatu daerah sedangkan indeks kesiapsiagaan masyarakat digunakan untuk mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka maupun kerusakan infrastruktur.

Oleh karena itu pada kegiatan workshop penyusunan dokumen kajian berisiko bencana ini diharapkan kepada OPD terkait agar turut serta mengkaji data yang dibutuhkan dalam menyusun peta resiko dalam hal ini peta bahaya, peta kerentanan dan peta kapasitas sehingga Pemerimtah Kota Palopo dapat mewujudkan data bencana Kota Palopo, satu data kota palopo dan satu letak kota palopo dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kota Palopo.

Melalui workshop indeks ketahanan daerah dan indeks ketahanan masyarakat penyusunan pengkajian resiko bencana kota palopo dapat menyatukan presepsi antar forkopimda, OPD dan Instansi terkait dalam menyatukan data dan informasi bencana kota palopo.

Turut hadir dalam workshop penyusunan Kajian Resiko Bencana Kota Palopo yakni, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palopo, unsur forkopimda, camat dan lurah serta para tamu undangan lainnya. (rls/ikh)

  • Bagikan