Raffi Ahmad Blak-blakan Soal Bagaimana Kelola Klub Sepak Bola, Ini Pengakuannya, Kayak…

  • Bagikan
Raffi Ahmad mengatakan salah satu fokusnya terhadap para pemain di RANS Nusantara FC adalah bagaimana menggembleng mental mereka supaya tidak mudah down. (Abdul Rahman/JawaPos.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Artis serba bisa yang kini jadi 'Sultan' Raffi Ahmad selaku Chairman sekaligus Presiden RANS Nusantara Football Club (RFC) merasakan sendiri pengalamannya dalam mengelola sebuah klub sepak bola. Pengalaman itu memberinya banyak pelajaran berharga.

Salah satu yang dirasakan Raffi Ahmad dalam mengelola klub yakni, ternyata klub harus diberi perhatian yang cukup intensif. Dia pun menggambarkan perhatian yang diberikan ke klub layaknya orang tua mengurusi dan membesarkan anak kandungnya sendiri.

"Salah saya kemarin, sebagai pemilik klub, saya tidak perlu terlalu touch. Saya pikir akan sama kayak bisnis kalau sudah jalan ya sudah. Ternyata ini beda. Kalau kita ngurus bola sama kayak ngurus anak. Kalau anak kita nggak ikut urus dua bulan saja, bisa jauh dari kita," kata Raffi Ahmad di bilangan Semanggi Jakarta Selatan, Rabu, 12 Juli 2023.

Menyadari kesalahan dirinya sebekumnya, akhirnya Raffi Ahmad turun langsung dan memegang sendiri jabatan presiden klub. Bukan hanya itu, suami Nagita Slavina itu juga melakukan sejumlah perombakan dan bahkan melakukan pergantian pemain.

"Kemarin kita banyak melakukan perombakan dari coach sampai BoD juga," kata Rafffi Ahmad.

Lebih lanjut ayah dua anak itu mengatakan, memiliki pemain bintang belum tentu menjamin kesuksesan sebuah klub. Yang paling penting, menurut Raffi Ahmad, adanya chemistry yang terbentuk dalam dan munculnya semangat kekeluargaan.

RANS Nusantara FC yang kini berada di Liga 1 menorehkan kemenangan 2-1 melawan Bhayangkara FC dalam pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (9/7) malam lalu.

Kemenangan tersebut menambah sempurna RANS Nusantara FC yang sebelumnya juga berhasil menang atas Persikabo 1973 dalam pertandingan dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 3 Juli 2023 lalu.

"Perjuangan dan kerja keras kita, memang masih 2 pertandingan, tapi itu membuat semangat kita untuk bersaing dengan teman-teman yang lain. Tidak boleh jumawa, aku nggak melihat sebelah mata tim-tim yang ada di Liga 1," kata Raffi Ahmad. (jpnn/pp)

  • Bagikan