Hadiri HUT ke-15 Kabupaten Toraja Utara, Gubernur Andalan: Kita Tuntaskan Semua Pekerjaan yang Tertunda

  • Bagikan

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati, Wabup dan Dandim 1414 Tator saat melambaikan tangan kepada peserta devile, Jumat, 21 Juli 2023. --Albert--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten yang ke-15 tahun ,di Lapangan Bakti Rantepao, Jumat, 21 Juli 2023.

HUT Kabupaten Toraja Utara ini juga sekaligus pembukaan Festival Budaya tahun 2023 yang ke 2 di Pemerintahan Ombas-Dedy sapaan akrab dari Bupati dan Wabup Toraja Utara.

Seremonial perayaan HUT ke-15 Kabupaten Toraja Utara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mantan Caretaker Bupati Toraja Utara Tautoto Tanaranggina, mantan Penjabat Bupati Toraja Utara, Amson Padolo, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dan Wakil Bupati Frederick Victor Palimbong, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung,Wakil Ketua DPRD Torut Samuel T . Lande , Anggota DPRD Torut Harun Rante Lembang, Lembong Mendila dan lainnya.

Upacara HUT ke-15 diisi dengan parade sekolah, Kecamatan, dan OPD. Juga laporan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang terkait capaian kinerja pemerintah selama beberapa tahun terakhir. Bupati Toraja Utara juga meminta perhatian lebih dari Gubernur Sulawesi Selatan terkait pembangunan infrastruktur yang dibiayai provinsi, seperti jalan penghubung kabupaten dan jembatan”kembar” Malangngo’.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyebut Kabupaten Toraja Utara, selama masa pemerintahannya, mendapat porsi anggaran infrastruktur terbesar kedua, dari seluruh kabupaten/kota se Sulsel. Hal ini terjadi karena banyak akses penghubung antar kabupaten maupun antar provinsi yang harus dibuka.

Usai menghadiri seremonial HUT Kabupaten Toraja Utara yang ke 15 Andi Sudirman Sulaiman kepada para awak media menyampaikan tadi hanya mengingatkan kepada warga bahwa kami sudah melaksanakan pekerjaan yang tertunda tahun lalu yaitu jembatan Kembar Malangngo' yang sangat penting karena disitu pusat kemacetan saat dipagi hari .Kita juga sampaikan bahwa tahun ini juga jalan tembus Pantilang -Rantepao , mudah-mudahan tidak ada lagi hambatan karena sisa 7 kilometer . Sementara untuk jalan Bua - Rantepao sisa 4 kilometer,dan batu standuk masih ada sekitar 10 sampai 18 Kilometer.

"Terkait pekerjaan yang masih sisa itu ,kita terus kerjakan ditahun ini karena masih ada anggaran ,dan di Toraja Utara ini total alokasi anggaran yang sudah diturunkan sudah Rp450 miliar adalah salahsatu anggaran terbesar di Sulawesi Selatan dan itu membuktikan bahwa bagaimana kita mendukung aksesibilitas jalan kepariwisataan di Toraja ini, karena bagaimana pun pariwisata bagus kalau tidak ada akses maka akan berat . Maka kami berikan ada subsidi bandara penerbangan,ada subsidi trasportasi darat , perbaikan jalan daratnya juga semuanya bagaimana menembus jalan kesini (Toeaja) tiga dari Luwu Raya juga penerbangan dari Balikpapan kita subsidi juga,kemudian Ollon bagaimana kita mengembangkan wisatanya dan daerah lainnya juga di Toraja kita tuntaskan semuanya". Ujar Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Selain itu,Gubernur Andi Sudirman berjanji akan tetap memperhatikan dan memperjuangkan pembangunan di Toraja Utara hingga akhir masa jabatannya. “Seperti janji kami pada masa kampanye, rampokan umpemeloi Toraya.

"Hari ini juga kita menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp 8 miliar, serta sejumlah bantuan lainnya, diantaranya CSR dari Bank Sulselbar" pungkasnya

Nampak pula sejumlah anggota Panitia Pemekaran Toraja Utara, diantaranya mantan Wasekjen DPP PDIP sekaligus mantan Anggota DPR RI dua Periode Jacobus K Mayong Padang,Dandim 1414 Tator Letkol Inf Monfi Ade Candra, Kapolres Torut AKBP Zulanda, Kajari Tator dan Kacabjari.

Diketahui Tak banyak panitia pemekaran yang hadir pada HUT ke-15 tersebut. Selain panitia pemekaran, masyarakat juga tak banyak yang hadir. Yang mendominasi tenda-tenda adalah PNS dari Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tak banyak pula tamu undangan yang hadir, sehingga banyak kursi di panggung VIP tak terisi. (Albert)

  • Bagikan