KPU Tana Toraja Rakor dan Sosialisasi Rancangan DCS Bacaleg DPRD

  • Bagikan

Rakor pencermatan rancangan DCS Bacaleg DPRD Tana Toraja yang dihadiri Parpol dan Bawaslu di Aula Kantor KPU, Jalan Tongkonan Ada, Kecamatan Makale, Selasa (8/8/2023). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja mengundang sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 pada Rapat Koordinasi dan
Sosialisasi di Aula Kantor KPU, Jalan Tongkonan Ada, Kecamatan Makale, Selasa (8/8/2023).

Rakor tersebut dalam rangka Percermatan Rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Anggota DPRD Tana Toraja.

Dibuka oleh Anggota KPU Tana Toraja Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rahmat Hidayat dan dihadiri Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan.

Rahmat menjelaskan Rakor tersebut dibahas terkait program dan jadwal DCS serta kebijakan dalam pencermatan rancangan DCS, sehingga menjadi kesempatan yang harus diperhatikan para pemimpin partai dalam mempersiapkan calon pada Pemilu 2024 mendatang.

“Sebagai pembekalan terhadap semua partai agar nantinya perhelatan Pemilu ini berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Lanjut Rahmat berharap hubungan koordinasi aktif, sebab masih ada partai yang nomor dan calon yang ingin diganti.

Sementara, Serni Pindan mewakili Bawaslu menyampaikan beberapa masukan dan berpesan kepada pimpinan partai agar memanfaatkan ruang perbaikan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak segan berkonsultasi ke KPU.

Selain itu berharap agar seluruh partai memperhatikan jumlah keterwakilan perempuan dalam pencalonan.

“Salah satu syarat adalah keterwakilan perempuan karena memegang peranan 30 persen dalam jumlah pencalonan Pemilu,” tutup Serni.

Berikut jadwal tahapan DCS yang akan digelar KPU yakni penyusunan DCS tanggal 6 sampai 11 Agustus 2023, verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon pasca pencermatan rancangan DCS tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023, penyusunan DCS tanggal 16 sampai 17 Agustus 2023, penetapan DCS tanggal 18 Agustus 2023 dan pengumuman DCS tanggal 19 sampai 23 Agustus 2023. (Risna)

  • Bagikan