Ayo, Indonesia Kamu Bisa, Kejutan Lagi!

  • Bagikan

Timnas Indonesia U-23 merayakan gol ketiga mereka ke gawang Thailand, Kamis (24/8/2023) (c) Dok. PSSI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Timnas Indonesia bakal berjuang mati-matian di final Piala AFF U-23.

Ramadhan Sananta cs bakal ketemu lawan yang berat, yakni Vietnam.

Jadwal pertandingan final Piala AFF U-23 di SCTV antara Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam sendiri akan berlangsung, Sabtu 26 Agustus 2023.

Laga ini akan dimainkan mulai pukul 21.00 Wita dan live di SCTV.

Vietnam melangkah ke final dengan hasil sempurna. Quan Van Chuan dan kolega selalu menang dari fase grup hingga babak semifinal. Malaysia dikalahkan dengan skor 4-1 oleh Vietnam pada babak semifinal.

Malaysia adalah tim yang mengalahkan Indonesia di Grup B. Indonesia beruntung bisa lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik. Namun, pada babak semifinal, Indonesia tidak sedang beruntung.

Garuda Muda bermain sangat solid pada babak semifinal. Indonesia mampu menang dengan skor 3-1 atas sang tuan rumah Thailand. Indonesia lolos ke final bukan karena keberuntungan dan siap membidik gelar juara, bersaing dengan juara bertahan Vietnam.

Pengamat sepak bola, Muhamad Kusnaeni berharap anak asuh Shin Tae Yong mengulang performa seperti saat membungkam Thailand. Semuanya perlu tampil dengan penuh ketenangan. "Main lepas, tenang, main percaya diri, relax,  gak usah bicara teknis dulu," ujar Bung Kus.

Hanya saja, pemain Indonesia lawan Vietnam di final Piala AFF U23 nanti malam, kehilangan satu pemain di sektor gelandang.

Stok pemain Timnas Indonesia di laga puncak Piala AFF U23 kian terbatas.

Shin Tae-yong kehilangan dua pemain sejak awal turnamen, Komang Teguh dan Titan Agung.

Lalu disusul Bagas Kaffa dan Irfan Jauhari yang mengalami cedera.

Bagas Kaffa cedera saat sesi pemanasan sebelum melawan Thailand, sementara Irfan Jauhari mengalami cedera di babak pertama lawan Malaysia.

Yang terbaru, Mohammad Kanu Helmiawan.

Pemain Persis Solo itu mengalami cedera saat menghadapi Thailand di babak semifinal.

Cedera yang dialami Kanu terjadi di akhir-akhir waktu babak kedua ketika menghalau tendangan keras dari pemain Thailand.

M Kanu dan Irfan Jauhari menjalani latihan terpisah bersama tim fisioterapis di Lapangan PTT Academy, Rayong pada Jumat (25/8/2023).

Tim pelatih Timnas Indonesia masih akan memantau perkembangan cedera kedua pemain tersebut hingga sebelum kick-off melawan Vietnam.

Jika M Kanu dan Irfan Jauhari tidak bisa dimainkan, artinya Shin tae-yong hanya memiliki 18 pemain yang tersisa, 3 di antaranya adalah penjaga gawang.

Meski begitu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong tetap optimis anak asuhnya tampil menawan dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. (net/pp)

Jadwal Final Piala AFF U-23 2023

Vietnam vs Timnas Indonesia U-23
Rayong Province Stadium
Sabtu, 26 Agustus 2023
20.00 WIB
Siaran langsung: SCTV
Live streaming: Vidio
Link streaming: Klik tautan ini

Road to Final

Timnas Vietnam U-23
24/08/23 Malaysia 1 - 4 Vietnam
22/08/23 Vietnam 1 - 0 Filipina
20/08/23 Laos 1 - 4 Vietnam

Timnas Indonesia U-23
24/08/23 Thailand 1 - 3 Indonesia
20/08/23 Indonesia 1 - 0 Timor-Leste
18/08/23 Malaysia U23 2 - 1 Indonesia. (***)

  • Bagikan