Gebyar Lomba Dasawisma se Lembang To’Pao Hingga Pasar Segar Murah Hasil Kebun Warga

  • Bagikan

Penyerahan lomba kepada keluarga kategori suami setia mendampingi istri ke Posyandu Pada Gebyar Dasawisma se Lembang To’ Pao di Kecamatan Rembon, Tana Toraja, Sulsel, Sabtu (26/8/2023). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Pemerintah Lembang (Desa) To’Pao di Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan melaksanakan gebyar dasawisma, Sabtu (26/8/2023).

Diikuti 15 kelompok dasawisma se Lembang To’Pao yang diawali deville dan diakhiri pasar segar murah sayur-sayuran dan buah-buahan hasil perkebunan masyarakat.

Kelompok dasawisma yang ikut lomba diantaranya Pettiroan, Ratte III, Sapan Deata, Pangleon, Ratte II, Ratte III, Paken, Ratte IV, Kampung Baru, Pepan, Rano, To’ Sendana, Paratta’ dan Busso.

Selain itu juga digelar lomba-lomba diantaranya lomba melendong, domino, balap karung, makan kerupuk, lari kelereng dan lomba Solo lagu daerah dan lagu nasional.

Kepala Lembang To’ Pao, Imanuel Sambira mengatakan kegiatan yang bersumber dari anggaran dana desa tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke 68 Kemerdekaan RI dan menyambut HUT ke 66 Kabupaten Tana Toraja yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2023 mendatang.

“Tadi awal acara ada devile hasil perkebunan organik kelompok dasawisma yang menjadi suatu kebanggan bagi kami masyarakat To’Pao,” ucap Iman.

Lanjutnya, kegiatan gebyar dan lomba-lomba di bulan Agustus telah digelar yang kedua kalinya setelah tahun lalu dilaksanakan pertama kali dan tidak terlepas dari bantuan stakeholder dan masyarakat wilayah desa.

Kata Iman, sebelumnya dasawisma yang ikut telah dibekali dan diberi arahan atau motivasi dalam membangun dasa wisata serta keluarga mandiri dan mampu berdaya saing.

“Hasil bumi ditampilkan tadi itu murni dari perkebunan warga dan bermanfaat untuk kebutuhan rumah apalagi tadi dijual murah dan masih segar-segar,” pungkasnya.

Ia berharap kegiatan tersebut juga bertujuan mengajak kelompok tua dan muda untuk membangkitkan semangat nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

“Saya harap ini terus berlanjut, ada setiap tahun sehingga kekompakan selalu hadir di Lembang kami ini,” tutup Iman.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang Pemkab Tana Toraja, Marida Bungin dan mengatakan bahwa dasawisma di Lembang To’Pao hasil dari pendampingan tim motivator yang dibentuk pemerintah daerah.

Penutupan acara tersebut yakni penyerahan juara keluarga kategori suami setia mendampingi istri ke Posyandu, juara pekarangan rumah, juara lomba dasawisma, lomba anak dan orang dews serta transaksi dual beli sayur dan buah-buahan oleh masyarakat maupun tamu.

Turut serta pada kepanitiaan yakni pemerintah lembang To’Pao, Tim Penggerak PKK, Mahasiswa KKN UKI Toraja dan masyarakat. (Risna)

  • Bagikan