Sosok Ihsani Nurul Izzah, Gadis Bugis Soppeng-Sidrap yang Dilamar Putra Amran Sulaiman dengan Uang Panai Rp10 Miliar

  • Bagikan
Acara lamaran atau mappettuada Andi Amar Ma'ruf Sulaiman putra pengusaha Andi Amran Sulaiman di Hotel Claro Makassar, Minggu 3 September 2023. --FJR--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Siapa sosok gadis manis yang dilamar putra sulung Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman di Hotel Claro Makassar, pada Minggu, 3 September 2023 dengan mahar total Rp10 miliar?

Dia adalah Ihsani Nurul Izzah, putri pertama dari pasangan H Harsono Muhammad dan Hj Raizah Azizah Ramli.

Ihsani Nurul Izzah atau karib disapa Enon ini merupakan teman kuliah Amar. Saat keduanya menempuh pendidikan S-1 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Enon merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Ayahnya, Harsono Muhammad pria asal Sidrap. Sementara ibunya, Hj Raizah Azizah Ramli berasal dari Soppeng.

Di keluarganya, Enon dikenal sebagai anak penurut. Hormat pada orang yang lebih tua, terlebih pada kedua orang tuanya.

“Dia sangat patuh sama orang tua. Kalau dipanggil sama teman-temannya, gak penting-penting amat dia lebih memilih membantu orang tuanya usaha,” kata keluarga Enon, Kombes Pol Kurniawan kepada fajar.co.id saat ditemui usai acara lamaran, Minggu (3/9/2023).

Jika dibandingkan dengan remaja seusianya, Kurniawan melihat sosok Enon berbeda. Kata dia, pergaulannya biasa-biasa saja. Bahkan bisa dibilang anak rumahan.

Misalnya saja dalam hal teknologi, kata Kurniawan, Gen Z pada dasarnya ingin selalu terhubung dengan dunia luar lewat jejaring maya atau bahkan kecanduan smartphone.

“Tapi bagi dia (medsos) bukan hal utama (tidak kecanduan) hanya pelengkap saja,” ujarnya.

Usai lulus dan menyandang gelar sarjana di Universitas Hasanuddin, aktivitas Enon banyak membantu usaha kedua orang tuanya yakni usaha jual beli mobil.

“Kegiatan Enon bantu orang tua jual beli mobil. Mobil baru dan mobil bekas,” ucap Kurniawan.

Sementara itu, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman merupakan tokoh muda asal Sulsel yang namanya telah menasional melalui berbagai organisasi yang dijajakinya.

Putra pertama dari 4 bersaudara ini ini dipercaya menakhodai AAS Community. Ia punya segudang prestasi baik dari akademis maupun di organisasi.

Amar adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Di usianya yang baru 23 tahun, ponakan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini telah diberi kepercayaan memegang kendali sejumlah perusahaan.

Antara lain sebagai Owner Syirkah Studio, Komisaris PT AAS Mineral Mandiri, Direktur PT Penambangan Nikel AASDIN.

Ia juga tercatat sebagai Presiden Direktur PT Andi Nurhadi Mandiri, Komisaris PT Sulawesi Sumatera Nusantara, Direktur PT Tiran Fero Nusantara.

Di organisasi, ia tercatat sebagai Bendahara I Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Periode 2023 - 2027. Ia juga aktif di KNPI Sulsel sebagai Bendahara.

Andi Amar juga berkecimpung di partai politik. Ia tercatat sebagai kader Partai Gerindra. Amar merupakan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Gerindra DPR RI.

Pada Pemilu 2024, Amar akan bertarung di daerah pemilihan Sulawesi Selatan II (Dapil Sulsel II) meliputi Kabupaten Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Soppeng, Wajo dan Kota Parepare.

Seperti diketahui, Amar melamar Ihsani Nurul Izzah dengan uang panai, sebagai elemen wajib dalam tradisi pernikahan di masyarakat Bugis-Makassar yang disiapkan keluarga Amran senilai total Rp 10 miliar. Di antaranya 2 kilogram logam mulia, berlian, satu unit mobil Alphard, mahar alat salat 88 real dan uang belanja Rp 2 miliar. (fajar/pp)

  • Bagikan