Agus Riyanto Ajak Mahasiswa UMB Palopo Perkuat Iman dan Ilmu Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi

  • Bagikan

Kepala Kejaksaan Negeri Palopo, Agus Riyanto, SH


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SURUTANGA---Sejumlah petinggi di lingkungan Forkopimda Kota Palopo memberikan materi dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas mega Buana Palopo yang berlangsung di Hotel Value, Rabu 6 September 2023. Salah satunya adalah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palopo, Agus Riyanto, SH

Kajari Palopo dalam kesempatan itu memberikan materi terkait anti korpusi dimana ia mengenalkan mahasiswa dengan pendekatan ilmu dan agama untuk jauh dari praktik korupsi. Kenapa? menurutnya, larangan itu sudah tergambar dalam alquran, dan kita suci agama lainnya. "Nah, jika kita mengamalkan nilai nilai agama, semua akan terhindar dari korupsi, karena (tolak korupsi) ini kembali ke diri kita masing masing,"ungkapnya.
Selain itu ia juga menyinggung pentingnya menjaga amanah yang diberikan Allah, Swt kepada kita sejak kita lahir di dunia, "Karena jika kita amanah maka tidak ada penyimpangan (kporupsi.red),"katanya. Ia menegaskan bahwa amanah itu penting untuk dijaga "Amanah ini berat, kita mengemban amanah yang sudah kita janjikan kepada pencipta. Dan semua akan kita pertanggung jawabkan nantinya,"ungkapnya.

Dalam hal pencegahan oleh Kejaksaan diungkapkan beberapa yang sudah dilakukan oleh kejaksaan untuk mencegah korupsi, "apa yang dilakukan kejaksaan ini adalah lebih cenderung kepada pencegahan, bukan hanya penindakan semata,"jelasnya. Disamping hal itu, ia mengingatkan pentingnya mahasiswa belajar hukum, tidak hanya mahasiswa Hukum saja, namun berlaku bagi semua program studi, sebagai upaya menambah pengetahuan dalam rangka pencegahan.

"Dibeberapa waktu lalu saya pernah berbagi ilmu pengetahuan di fakultas Hukum UMB Palopo, dan kedepan jika UMB Palopo masih membutuhkan bantuan kami, kami ikhlas membantu,"katanya. Karena baginya, penting oleh seluruh mahasiswa belajar ilmu hukum, "mau apapun program studinya, mau kesmas, dll, semua ada hubungannya dengan peraturan hukum, keperawatan juga sama, semua berkaitan dengan hukum, dan kami terbuka di Kejaksaan negeri palopo ini untuk menerima kunjungan studi, bukan hanya dari fakultas hukum saja, yang lain juga, supaya faham,"katanya.

Dikesempatan itu, Pria kelahiran solo, 5 September 2023 ini berbangga berada Tana Luwu ini, bahkan ia mengaku sebagai wija to luwu karena telah tinggal sekian lama di Tana Luwu. Selain itu, ia juga mengungkapkan rasa bangganya atas kiprah UMB Palopo ini. "Saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya kepada UMB Palopo atas perhatian serta kerjasama yang terbangun selama ini baik dalam hal pengabdian kepada masyarakat dan sejumlah kerjasama lainnya seperti pembinaan dan peningkatan kualitas SDM,"sebutnya.

Pada kegiatan Penerimaan 1.827 Mahasiswa baru yang berlangsung tersebut selain Kajari Palopo, Agus Rianto, SH turut hadir memberikan materi diantaranya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, M.B.A yang menyampaikan arahan kepada Civitas Akademika secara virtual, Kepala LLDIKTI Wilayah 9 Sulawesi, DR. Drs. Andi Lukman, M.Si dengan materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0, kemudian Kepala BNN Kota Palopo, AKBP Ustim Pangarian Barry, SE., M.Si, dengan materi Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1403/Palopo, Mayor Arm Syafaruddin dengan materi penyampaian materi PKKMB yakni Bela Negara, serta Agus Riyanto, SH Kepala Kejaksaan Negeri Palopo dengan materi Anti Korupsi. (rls/ikh)

  • Bagikan