Pelantikan Pj Wali Kota Menunggu SK Mendagri

  • Bagikan

Tiga Nama Menguat
Asrul Sani merupakan ASN yang berkiprah di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dengan jabatan sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP dengan pangkat/golongan Pembina Tingkat I/IV.b. Hasrul merupakan putra kelahiran Watampone 21 Maret 1975.
Selama berkarir sebagai ASN, Asrul menduduki sederet jabatan mulai dari tingkat Kabupaten hingga Pemprov Sulsel.

Informasi menyebutkan jika namanya adalah salah satu perioritas menjadi Pj Wali Kota Palopo.
Asrul diketahui juga terbilang loyal kepada Gubernur Sulsel. Sehingga menjadi faktor yang membuat dirinya diusul menjadi Pj di Kemendagri.

Ia juga punya segudang riwayat dalam berorganisasi. Mulai dari Pengurus DPD Pengurus Ikatan Ahli Pengadaan Sulsel. Dewan Penasehat DPW Ikatan Fungsional Pengadaan Sulsel, dan Pengurus DPD Masyarakat Ilmu Pemerintahan Sulsel.

Untuk riwayat pekerjaan, ia menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemrov Sulsel tahun 2023 sampai sekarang. Lalu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemprov Sulsel 2022. Plt Kabiro Pengadaan Barang dan Jasa Pemrov Sulsel 2021.

Kepala Bagian Pengelolaan Layanan dan Pengadaan Secara Elektronik Setda Pemprov Sulsel 2020. Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa 2019. Kasub Pelaksanaan dan Pengadaan Barang dan Jasa 2017. Kepala Sub Bagian Tata Usaha 2012.

Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Masepe, Kec.Pellu Limpoe, Kab. Sidrap 2006.
Lalu ada nama, Nama Andi Ihsan Lebbi Bassaleng (44) disebut menguat sebagai calon kuat Pejabat (Pj) Wali Kota Palopo pengganti Judas Amir yang periodenya berakhir 26 September 2023.

Menguatnya nama Andi Ihsan bermula ketika dirinya menjadi satu-satunya calon yang diusulkan oleh lima atau semua fraksi yang ada di DPRD Palopo. Yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PDIP, dan Fraksi Partai Gerindra.

Melalui informasi yang dihimpun, namanya disebut-sebut kembali diusulkan bersama dua orang lainnya oleh pimpinan DPRD Palopo ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lalu siapa Andi Ikhsan? dia adalah putra asli Palopo yang saat ini berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Lebih tepatnya ia menjabat sebagai Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel.

Sebelum mengisi jabatan itu, Andi Ikhsan merupakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel. Ia juga pernah Pj Kepala Seksi Pembinaan dan Pengaturan Bidang SDA Dinas PUPR Luwu Timur pada 2013.
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perumahan Pemukiman, Bidang Pemukiman dan Perumahan pada Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kab.Luwu Timur tahun 2015.

Kepala Seksi Permasalahan dan Penertiban Tanah, Bidang Pertanahan Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertnahan, Luwu Timur tahun 2016.
Staff Penalaah dan Pengelolaan Leger Jalan Bidang Bina Teknik pada Dinas Marga dan Bina Konstruksi, Pemrov Sulsel pada 2019.

Kepala Bidang Konstruksi pada Dinas PU dan Tata Ruang Pemrov Sulsel pada 2020.
Semasa mahasiswa, dirinya pernah menjabat Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Palopo.
Terakhir ada nama, Iqbal Suhaeb yang juga Wija To Luwu. Iqbal merupakan salah satu calon kuat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo. Namanya salah satu yang diusul Gubernur Sulsel sebagai Pj Wali Kota Palopo ke Mendagri.

  • Bagikan