Pelantikan Pj Wali Kota Menunggu SK Mendagri

  • Bagikan

Andi Ikhsan, Iqbal Suhaeb, dan Asrul Sani Menguat, Masa Jabatan JUARA Berakhir 26 September

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Empat Kepala Daerah akan berakhir masa jabatannya September 2023, yakni Bupati Bone, Bupati Bantaeng, Bupati Sinjai dan Wali Kota Kota Palopo. Hingga saat ini Pemprov Sulsel belum memastikan siapa Penjabat yang akan ditunjuk untuk menjadi nahkoda di empat daerah tersebut.

Kepala Biro Pemerintahan Sulsel, Idham Kadir menyampaikan, sekaitan dengan calon Pj kepala Daerah untuk empat wilayah itu telah diusulkan Pemprov Sulsel. Hanya saja ia mengaku belum bisa menyebutkan secara terang siapa saja tiga nama yang telah diusulkan oleh ke Kemendagri.

"Nama-namanya sudah ada di meja Kemendagri. Kalau cepat keluar SK (Surat Keputusan) dari Mendagri, maka tanggal 26 September sudah pelantikan,” ungkapnya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin (11/9/2023).
Idham Kadir melanjutkan, jika dua Kepala Daerah di Sulsel juga yang akan berakhir masa jabatannya pada 31 Oktober 2023, yakni Bupati Enrekang dan Wali Kota Parepare.

Untuk melanjutkan kepemimpinan di daerah tersebut, juga akan diisi oleh Penjabat (Pj) yang saat ini, pengusulan namanya sementara dibahas, baik di Pemprov Sulsel maupun di DPRD masing-masing.
"Itu sementara dirapatkan nama-nama calon Pj di dua daerah tersebut," ucapnya.

Dirinya pun menegaskan, bahwa, untuk jabatan Pj Kepala Daerah tidak harus putra daerah dari wilayah itu, yang penting kata dia, memenuhi syarat untuk menjadi Penjabat. "Syaratnya harus eselon II," sebut Idham.

"Usulan itu ada dari DPRD Kab/Kota 3 nama, provinsi 3 nama dan Kemendagri juga. Jadi 9 nama," pungkasnya. Diketahui masa jabatan Wali Kota Palopo dan Wakil Wali Kota Palopo, HM Judas Amir-Dr Rahmat M Bandaso akan berakhir Selasa 26 September dua pekan lagi. Sebelum berakhir tentunya Pj Gubernur akan melantik Pj Wali Kota. Namun hingga kini belum ada SK siapa yang akan ditunjuk jadi Pj Wali Kota. Namun sudah ada tiga nama menguat.

  • Bagikan