Lutra Siapkan Rp10 M Tangani El Nino, Bupati Indah Ingin Lakukan Ini

  • Bagikan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat berada di kantor Gubernur Sulsel usai menghadiri rapat koordinasi TPID, Senin 12 September 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menyiapkan anggaran Rp10 Miliar menangani el nino.

Hal ini disampaikan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat ditemui Kantor Gubernur Sulsel, Kamis 14 September 2023.

"Kalau dana belanja tak terduga (BTT) totalnya sekitar Rp10 Miliar," tegas Indah Putri Indriani.

Sebagai langkah awal, Indah Putri Indriani akan melakukan assesmen untuk identifikasi awal yang jadi kebutuhan.

Indah Putri ingin cadangan pangan daerah cukup hingga periode musim hujan yang akan datang.

"Kalau terkait kekeringan salah satu solusinya kan pompanisasi. Perlu kita pahami bahwa beberapa daerah pompanisasi mungkin menyelesaikan spot tertentu, tapi tidak untuk wilayah tertentu," kata Indah Putri Indriani.

Indah melanjutkan, sejauh ini wilayah Lutra masih dalam periode hujan. Namun di wilayah Seko dan Rampi curah hujan mulai menurun.

"Wilayah ini juga irigasi teknisnya belum terbangun semua. Untuk daerah irigasi teknis dan sumber airnya masih bagus seperti daerah Bone-Bone, Masamba, Mappadecceng, belum terasa sekali karena masih ada air dan curah hujan yang masih terjadi," jelah Indah.
Periode April - September masih subur bagi Lutra.

Namun, produksi tanaman pangan berpotensi terancam pada Oktober - Maret mendatang.
"Selama ini mengandalkan tadah hujan, pertanian tadah hujan, memang ada beberapa mengandalkan irigasi teknis," tandasnya.(junaidi rasyid)

  • Bagikan