Alumni Program Pendoktoran Luar Negeri Sulsel Gelar Pengabdian pada Masyarakat di Enrekang

  • Bagikan

Nampak suasana pengurus Ikatan Alumni Program Pendoktoran Sulawesi Selatan (IKA-PPSS) yang merupakan penerima beasiswa luar negeri Pemprov Sulsel, selama tiga hari (15-17 September 2023), menggelar PKM yang dilaksanakan di Kabupaten Enrekang. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, ENREKANG-- Ikatan Alumni Program Pendoktoran Sulawesi Selatan (IKA-PPSS) yang merupakan penerima beasiswa luar negeri Pemprov Sulsel, selama tiga hari (15-17 September 2023), menggelar Pengabdian pada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di Kabupaten Enrekang.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan IKA Unhas dan Pemda Kabupaten Enrekang. Kegiatan PkM yang mengambil tema "Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Enrekang Melalui Kolaborasi Keilmuan".

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari 30 anggota IKA-PPSS yang kini mengabdi di berbagai instansi yaitu Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, Univeristas Islam Makassar, Universitas Bosowa, Universitas Pejuang Republik Indonesia, AKOM Bantaeng, ATIM, MAN 3/MTsN 2 Makassar.

Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, SMAN 21 Makassar, SMAN 23 Makassar, IPDN Gowa, SMPN 3 Pangkajene Sidrap, SMPN 13 Makassar, PGSD UNM Parepare, Aktivis Pemberdayan Perempuan, SMPN 16 Makassar, DPLH Bulukumba, SD Wahdah Bulukumba.

Balitbangda Sulsel, BKAD Sulsel, PAUD Aisyah Makassar, Yayasan Qurrata Ainun, Dinas Perhubungan Enrekang, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Makassar.

PkM itu sendiri wujud implementasi keilmuan langsung kepada masyarakat yang dilakukan oleh penerima beasiswa pendoktoran luar negeri dari Pemrov Sulsel, sebagai salah satu sumbangsih kepada daerah Sulawesi Selatan.

Kegiatan PkM tersebut terbagi dalam tiga kelompok dengan tema khusus yaitu bidang pendidikan, ekonomi kreatif dan bidang pertanian, yang dilaksanakan di dua tempat terpisah, yaitu di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kab Enrekang, dan ruang pertemuan Kantor Bupati Kabupaten Enrekang.

Hadir dalam kegiatan PkM tersebut adalah masyarakat Enrekang dari unsur UMKM, bidang pendidikan maupun staf pemerintah daerah Kabupaten Enrekang

Tema khusus yang menjadi fokus dalam kegiatan PkM tersebut adalah terkait Halal Industri dan sertifikat halal, peluang beasiswa bagi masyarakat tidak mampu, Toleransi dalam masyarakat, Revolusi Mental bagi Generasi Muda.

Pembuatan Tepung dari buah Pisang, Pembuatan Ragi Tape dari bahan dasar tape, Pembuatan Pupuk Cair dari bahan limbah bawang merah, Peran ganda perempuan, serta Edukasi Berbelanja pada Market Place.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Enrekang yang diwakili oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Ir. Arsil Bagenda MM, menyatakan menyambut baik kegiatan PkM yang melibatkan berbagai instansi tersebut, karena memberikan pengayaan kepada masyarakat kabupaten Enrekang dari berbagai bidang ilmu.

Di kesempatan terpisah, panitia pelaksana PkM IKA PPSS, Hj Kasmawati Abbas PhD mengatakan, kegiatan PkM yang melibatkan alumni penerima beasiswa Pemprov, sebagai salah satu sumbangan yang diberikan kepada Sulsel sebagai wujud keterlibatan dalam pembangunan masyakarat di Sulsel.

"Menjadi tanggungjawab kami penerima beasiswa luar negeri Pemrov untuk ikut serta dalam membangun daerah Sulsel," jelas Kasmawati yang merupakan alumnus Universiti Teknologi Malaysia ini.

Setiap alumni secara bergantian menjadi tuan rumah pelaksanaan PkM. Di Enrekang, kegiatan tersebut difasilitasi oleh Mulyadi Guli PhD, alumnus Universiti Kebangsaan Malaysia yang saat ini mengabdi pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang.

Kasmawati menambahkan bahwa kegiatan anggota IKA PPSS tidak hanya di Enrekang saja, karena telah menjadi agenda rutin bagi IKA PPSS untuk selalu terlibat dalam pembangunan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, yang akan dilaksanakan bekerjasama dengan berbagai pihak lain. (***/pp)

  • Bagikan