Telkomsel Hadirkan Layanan Ramah Disabilitas di Gerai GraPARI

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Telkomsel menghadirkan layanan inklusif ramah disabilitas bagi teman tuli di GraPARI.

HAL ini untuk mengimplementasikan prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) berkelanjutan. Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, Telkomsel sebagai leading convergence services di Indonesia bersemangat untuk terus mengakselerasikan hadirnya ragam solusi dan inovasi yang menyeluruh dan membuka berbagai peluang kemudahan bagi seluruh pelanggan mendapatkan pengalaman layan
an terdepan. Tak terkecuali bagi para pelanggan penyandang disabilitas.

Salah satu perwujudan semangat Telkomsel tersebut direalisasikan dengan mendorong upaya peningkatan inklusifitas pada operasional titik layanan pelanggan, yang kini akan menghadirkan layanan khusus bagi pelanggan Telkomsel dari teman tuli (penyandang tunarungu) di sejumlah titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Untuk tahap awal, 19 GraPARI akan menyediakan layanan tersebut. Sebanyak 19 titik GraPARI nasional, untuk di Sulsel, ada di GraPARI Maros,” ucapnya.

“Menurut data terbaru dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat sekira 22,97 juta atau sekitar 8,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyandang disabilitas,” lanjut dia.

Ke depannya, Telkomsel secara bertahap akan memperluas inisiatif ini dengan menghadirkan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif yang ramah bagi masyarakat tuli dan penyandang disabilitas di Tanah Air. Dengan secara konsisten melakukan pelatihan peningkatan kapabilitas bahasa isyarat kepada seluruh petugas layanan di semua GraPARI.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Silang.id sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli, dengan memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan Telkomsel yang dididik secara eksklusif oleh edukator ahli. Dengan kurikulum yang luas, yang bukan hanya mengajari materi bahasa isyarat, tetapi juga
budaya tuli, ekspresi, gestur, hingga filosofi dari gerakan bahasa isyarat.

Selain para petugas layanan GraPARI Telkomsel yang sudah dibekali dan memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI juga akan dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur khusus untuk teman tuli yang menyediakan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.

GM Consumer Business Telkomsel Region Sulawesi, Andri Kurniawan menuturkan, layanan ramah disabilitas menjadi komitmen pihaknya untuk turut meng hadirkan layanan inklusif bagi masyarakat Sulsel.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengungkapkan
saat ini 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia akan siap melayani kebutuhan teman disabilias tersebut antara lain GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Wolter Monginsidi (Lampung), GraPARI Kalianda (Lampung), dan GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung).

Selanjutnya di GraPARI TelkomGroup Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI TelkomGroup Medan (Sumatera Utara), GraPARI Ciputat (Banten), GraPARI Serang (Banten), dan GraPARI Summarecon Mall (Banten) serta GraPARI BSD (Banten).

Kemudian GraPARI ITC Depok (Jawa Barat), GraPARI Mall Kota Kasablanka (DKI Jakarta), GraPARI Bintaro Xchange (DKI Jakarta), GraPARI Cijantung (DKI Jakarta), GraPARI Boyolali (Jawa Tengah), GraPARI Probolinggo (Jawa Timur), dan GraPARI Renon Denpasar (Bali).

Terakhir adalah GraPARI Tarakan (Kalimantan Timur), dan GraPARI Plasa Maros (Sulawesi Selatan). Telkomsel mengklaim akan terus memperluas inisiatif ini secara bertahap di lebih banyak titik layanan seluruh Indonesia.(fajar/pp)

  • Bagikan