Tiga Calon Ketua Umum Ditetapkan di Kongres XXV PWI Pusat 2023, Berikut Nama-namanya

  • Bagikan
Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu terlihat memasukkan surat ke dalam kotak pada Kongres XXV PWI Pusat 2023 yang diselenggarakan di El Hotel Kota Bandung, Selasa malam (26/9/2023).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- Tiga calon ketua umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat ditetapkan pada Kongres XXV PWI Pusat 2023 yang diselenggarakan di El Hotel Kota Bandung, Selasa malam, 26 September 2023.

Pemilihan calon Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat ini untuk periode 2023-2028.

Jika sebelumnya, muncul empat nama calon Ketua Umum PWI Pusat, namun menjelang pemilihan, sisa tiga kandidat yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketum PWI Pusat periode 2023-2028.

Ketiganya, yaitu petahana, Atal Sembiring Depari, kemudian Wakil Ketua Dewan Pers yang juga Sekjen PWI periode 2008-2013 dan 2013-2023, Hendry Chairudin Bangun, serta Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang.

Sementara itu, Ketua Bidang Daerah PWI Pusat 2018-2023 yang kini menjabat Direktur Utama LKBN Antara, Ahmad Munir, tidak mendaftarkan dirinya sebagai calon ketua umum organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia ini.

Tiga calon itu pun sudah ditetapkan dan saat ini berlangsung penyampaian visi dan misi kandidat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023 yang digelar di Istana Negara Jakarta, Senin, (25/9/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak insan pers Tanah Air untuk terus memegang teguh kode etik jurnalistik.

“Justru inilah (kode etik jurnalistik) nilai plus dari media dan pers. Justru inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism,” ujar Presiden.

Jokowi juga menegaskan bahwa insan pers Indonesia tidak boleh terpancing oleh sesuatu yang viral dan hoaks dalam membuat berita yang baik.

Kode etik jurnalistik harus selalu dipegang teguh meski industri media sedang mendapat berbagai tantangan di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. (fjr/pp)

  • Bagikan