PLN UID Sulselrabar Ungkap Pemadaman Bergilir akan Segera Berakhir

  • Bagikan
Ilustrasi PLN

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Pemadaman listrik hari ini, 28 September 2023 masih terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselbartra).
Pemadaman bergilir itu diketahui telah berlangsung secara berturut-turut di bulan ini. Sejak 21 September hingga hari ini.


Lazimnya, selama beberapa hari terakhir, pemadaman berlangsung 12 jam. Mulai dari pukul 10:00 hingga 22:00 WITA. Dilakukan secara bergilir.


PLN UID Sulselrabar menyebut, pemadaman dilakukan sehubungan dengan kemarau berkepanjangan, sehingga mengakibatkan debit air berkurang di beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).


Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarif mengatakan pihaknya terus mengupayakan tidak adanya pemadaman.


Beberapa jalan telah ditempuh, mulai dari upaya modifikasi cuaca agar PLTA kembali normal, hingga salat Istiqsa meminta hujan turun.


“Mohon doanya dari masyarakat agar bisa segera turun hujan yang bermanfaat khususnya di wilayah-wilayah waduk PLTA,” kata Amirul dilansir dari fajar.co.id melalui WhatsApp, Kamis (28/9/2023).
Selama beberapa waktu terakhir, pemadaman di Sulselrabar terdampak pada sembilan Unit Pelayanan Pelanggan (UP3).


UP3 itu meliputi UP3 Makassar Utara, UP3 Makassar Selatan, UP3 Parepare, UP3 Bulukumba, UP3 Watampone, UP3 Pinrang, UP3 Mamuju, UP3 Palopo dan UP3 Kendari.


Hingga kini, Amirul mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan pemadaman bergilir berakhir. Namun ia menyebut akan berakhir dalam waktu dekat.


“Insya Allah secepatnya dalam beberapa hari ini bisa normal kembali sistem,” pungkasnya.(fjr/idr)

  • Bagikan