BPBD Parigi Moutong Studi Banding ke BPBD Palopo

  • Bagikan

Nampak rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong di auditorium Saokotae kompleks rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Selasa, 31 Oktober 2023. --hms

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sebanyak 40 orang rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong melakukan kunjungan kerja di Kota Palopo dengan mengambil lokus pada Kantor BPBD Kota Palopo, Selasa (31/10).

Rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Palopo Drs.Burhan Nurdin, M.Si di auditorium Saokotae kompleks rumah Jabatan Wali Kota Palopo.

Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Parigi Moutong Idran ST dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah dan masyarakat Kota Palopo yang telah beberapa kali menunjukkan solidaritasnya dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan saat terjadi bencana alam gempa bumi yang melanda Palu dan Parigi Moutong pada Oktober 2018.

Menurutnya bahwa kunjungan yang mereka lakukan di kota Palopo adalah dalam rangka untuk sharing pengalaman tentang pengelolaan pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana (pusdalops PB), pelaksanaan dan penerapan kajian resiko bencana dan sistem pengelolaan dana siap pakai dan pola penyaluran logistik.

Idran menambahkan hal ini dilakukan sebagai disamping sebagai upaya menjalin sinergi antara pemerintah daerah,juga sebagai langkah untuk membangun acuan kerja dalam mengantisipasi dan mencegah dampak bencana alam, terlebih menurut Idran bahwa didaerahnya seringkali kali terjadi gempa bumi.

" Di Parigi Moutong hampir tiap hari terjadi gempa bumi meskipun dalam skala kecil" ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Palopo H.Burhan Nurdin mengaku berbangga mendapat kunjungan dari BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

Menurutnya bahwa hal ini menjadi penyemangat bagi jajarannya dalam meningkatkan kinerja terhadap kewaspadaan terhadap bencana alam, apalagi kata mantan Asisten 1 Setda Palopo ini bahwa Palopo pernah masuk salah satu daerah rawan bencana di Sulawesi Selatan.

Namun demikian, dengan kekuatan personil sebanyak 62 orang pihaknya akan terus berusaha memberikan pelayanan kegawatdaruratan yang maksimal.

Banyak hal yang dipaparkan oleh H. Burhan Nurdin di hadapan rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong, dan disela sela acara tersebut pihaknya menyuguhkan berbagai macam panganan khas kearifan lokal mayarakat Kota Palopo kepada pejabat dan staf BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

"Ini kita lakukan sebagai tindak lanjut arahan Pj.Wali kota Palopo dalam mengenalkan produk UMKM di daerah ini" tandasnya. (*/rls/pp)

  • Bagikan