Pj Wali Kota Palopo Ajak Semua Sektor Perhatikan Kecukupan Pangan

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, TAMARUNDUNG-- Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH.,M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan di Auditorium Sakotae Kota Palopo pada Rabu, 01 November 2023.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo Andi Enceng Amir, SE., M.Si menjelaskan bahwa tujuan dari pada terlaksananya kegiatan ini itu adalah untuk sharing informasi dari para perserta satgas Dinas Ketahanan Pangan di tiap-tiap Kecamatan perihal stabilisasi pasokan dan harga pangan, dimana kondisi ekonomi sedang tidak stabil, karena adanya inflasi.

Adapun sambutan Pj Walikota Palopo Asrul Sani, SH.,M.Si., dalam hal ini menyampaikan dan juga mengajak Kepada semua sektor, agar bergotong-royong dalam memberikan perhatian kepada masyarakat, terutama masalah kecukupan pangan. Kita tidak ingin ada warga Kota Palopo yang terlantar, akibat kekurangan pangan.

“Sekaitan dengan hal tersebut, tentunya pelaksanaan Rapat Kordinasi yang saat ini kita laksanakan dengan berbagai pihak terkait, sangat penting dan diperlukan adanya koordinasi dan sinergi, agar tidak ada warga yang mengalami kekurangan pangan.” Ujarnya.

Beliau meyakini, bahwa semua OPD yang terkait telah melakukan berbagai upaya, guna menghadapi berbagai fenomena masalah pangan, dan langkah-langkah yang akan diambil, untuk dapat mengantisipasi keadaan, agar stabilitas pangan cukup dan aman.

Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan “Dan kita tingkatkan pengawasan kepada pihak yang mengambil keuntungan yang tidak wajar, sesuai ketentuan, misalnya saja, menimbun, mengoplos, mencampur dengan tidak semestinya, maka pihak yang mempunyai tugas melakukan pengawasan pangan dapat melaporkan kepada pihak Kepolisian Setempat.
Menciptakan stabilitas, dan Harga pangan sesuai ketentuan, Pemerintah Kota Palopo, tidak akan berhasil mengendalikan pasokan maupun harga pangan, tanpa kerjasama, berkomunikasi, berkordinasi dengan semua pihak, melibatkan petani sebagai produsen, maupun pedagang pengumpul, distributor hingga pedagang eceran, sangat dibutuhkan guna terciptanya pangan yang cukup dan terjangkau. Rakor SPHP yang saat ini kita lakukan adalah bagian dari pengendalian inflasi daerah yang menjadi tugas pemerintah saat ini”.

Beliau juga Membuka secara resmi kegiatan ini.

Turut hadir dalam Rakor SPHP ini yaitu Unsur Forkopimda dan OPD terkait lainnya, Kepala Bulog, Kepala Badan statistik, Para Camat, dan tamu undangan lainnya. (rls/ikh)

  • Bagikan