IPHI Sulsel Minta Pemerintah Rasional dalam Menaikkan Biaya Haji, Abubakar Wasahua: Harus Dibicarakan Dulu di DPR RI

  • Bagikan

Dr. H. Abubakar Wasahua, MH

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Rencana pemerintah menaikkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) menjadi Rp105 juta, mendapat tanggapan dari Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW- IPHI) Sulsel.

Menurut Ketua I yang juga Ketua Harian Pengurus Wilayah IPHI Sulsel DR. H. Abubakar Wasahua, MH kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Jumat, 17 November 2023, kenaikan biaya haji, hendaknya dilakukan dengan memperhatikan azas keseimbangan dan rasionalitas.

Dengan kata lain, katanya, rencana angka kenaikan tersebut tidak membebani masyarakat.

Rencana, angka kenaikan biaya haji yang totalnya Rp105 juta dimaksud komposisinya 70 persen ditanggung calon haji dan 30 persen diambil dari nilai manfaat haji, menurutnya, hendaknya dibicarakan dengan anggota DPR RI.

''Menurut pandangan saya, rencana menaikkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dimaksud hendaknya dibicarakan dengan DPR RI Komisi VIII dan dapat dilakukan secara bertahap, terukur, serta disesuaikan dengan standar kemampuan ekonomi masyarakat,'' pungkas Abubakar Wasahua yang juga calon anggota DPRD Sulsel dari PKS daerah pemilihan XI yang meliputi, Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur. (*/uce)

  • Bagikan