Prof Rahman Rahim: UT Makassar Bertekad Capai Target 12 Ribu Mahasiswa dengan Perkuat Tim Pemasaran dan Promosi

  • Bagikan

Mahasiswa UT. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Universitas Terbuka (UT) menetapkan targetnya untuk mencapai 1 juta mahasiswa pada tahun 2025, serta UT Makassar sebesar 12 ribu mahasiswa tahun 2024.

Dalam upaya mencapai target tersebut, Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM, mengatakan akan terus meningkatkan sumber daya dengan membuka pelatihan marketing melibatkan mahasiswa, alumni, dan pengurus Sentra Layanan UT (SALUT) Daerah.

Hadir Ketua Pelaksana Pelatihan Petugas Marketing UT Makassar Tahun 2023, Avelyn Pingkan Komuna serta sejumlah Penanggung Jawab Wilayah UT.

Pelatihan ini digelar di Hotel Aston, Sabtu 18 November 2023 dengan menghadirkan narasumber kompeten dari berbagai bidang, membahas materi tentang UT, public speaking, serta prospek dan pemasaran.

Manajer Marketing dan Registrasi UT Makassar, I. Made Gunawan Sanjaya, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan agar petugas marketing menjadi ujung tombak UT Makassar dalam sosialisasi dan promosi di berbagai daerah.

Sementara itu Direktur UT Makassar, Prof Rahman Rahim menekankan bahwa peningkatan kapasitas SDM petugas marketing sangat penting untuk memasarkan UT di masing-masing daerah.

Dan, kunci sukses marketing UT, sebut Prof Rahman, adalah mengenal dengan sempurna tentang UT, kemampuan komunikasi sangat baik,tahu keunggulan UT sebagai PTN-BH Terbuka-Jarak Jauh dibandingkan dengan PT lainnya. Serta penuh motivasi dan semangat tinggi pantang menyerah.

Dikatakan Prof Rahman, saat ini jumlah registrasi mahasiswa UT Makassar seluruhnya 7.700 orang yang sebelumnya hanya 5.700 mahasiswa atau saat ini bertambah sekitar 2000 orang maba diharapkan pada 2024 jumlah ini kembali akan meningkat dengan total mahasiswa menjadi 12.000 orang.

Dari angka ini berarti masih, ada tugas berat bagi petugas marketing untuk menjangkau tambahan 5.000 lebih mahasiswa.

Direktur UT Makassar juga menjelaskan bahwa kesuksesan seorang marketer terletak pada kemampuannya dalam mengenalkan, meyakinkan, dan menarik minat pelanggan atau calon mahasiswa.

Dalam konteks UT Makassar, gambaran kesuksesan marketing adalah mampu menarik mahasiswa sebanyak mungkin sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dengan adanya pelatihan ini, UT Makassar menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kapasitas petugas marketing untuk mencapai target yang ambisius namun sangat signifikan bagi perkembangan UT di masa mendatang. (*/pp)

  • Bagikan