BPJamsostek dan PJ Wali Kota Rapat Monev Jamsostek

  • Bagikan
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani dan Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Makmur bersama Kepala PD lainnya pada rapat Monev Program Jamsostek di Auditorium Saokotae.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA -- Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si menghadiri rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Serta Pembentukan Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Di Kota Palopo sebagai tindaklanjut Rekomendasi Kegiatan Monitoring & Evaluasi bersama Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan di Auditorium Saokotae, Rabu 8 November 2023./11/2023).
Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Palopo, Makmur mengungkapkan kegiatan ini merupakan tindaklanjut daripada monev Kejaksaan Tinggi pada September lalu.
Dalam rapat monev ini, sebut Makmur, Kota Palopo masih banyak PR yang akan ditindaklanjuti dan ada progres dari data monev sebelumnya.

Ia menjelaskan, data untuk non ASN kita sebenarnya ada juga yang daftar atas inisiatif sendiri dan melakukan pembayaran iuran sendiri kemudian untuk petugas keagamaan belum dan perangkat RT/RW juga belum melakukan pendaftaran.
Untuk penyelenggara Pemilu ada juga yang daftar BPJS Ketenagakerjaan atas inisiatif sendiri dan melakukan pembayaran iuran sendiri.
Menurutnya, dari beberapa sektor tenaga kerja termasuk kita ada pekerja rentan, jadi pekerja rentan itu karena sesuai dengan Instruksi Presiden RI selain Non ASN kita juga harus mengalokasikan pekerja rentan yang diharapkan bisa menangani soal kemiskinan ekstrem.

''Jadi yang kita cover untuk pekerja rentan ini yang betul-betul masuk dikategori miskin itu bisa kita lindungi dengan harapan pada saat terjadi resiko terhadap tulang punggungnya atau orang tuanya maka anaknya tidak putus sekolah jadi pekerja yang meninggal dunia lantas anaknya tidak bisa melanjutkan pendidikan karena persoalan finansial misalnya, akan tetapi jika dia terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Insya Allah pendidikannya ditanggung sampai selesai S1,'' beber Makmur.
Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo mengatakan, terkait BPJS Ketenagakerjaan untuk Kota Palopo sudah ada 57% sudah terdata tentu sisanya ini akan menjadi bagian dan tanggung jawab kita untuk bagaimana mendorong atau mendukung kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

''Terkait dengan pekerja rentan sudah dicover hanya saja apakah data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan bagian yang sudah dicover selama ini atau belum ini perlu di koordinasikan misalnya selama ini yang kita anggarkan belum tercover tentu menjadi perhatian kita,'' tutur Asrul Sani.
Kemudian terkait dengan tenaga Non ASN sebelumnya kita sudah diskusikan dan selama ini kita sudah cover akan tetapi sifatnya bertahap menyesuaikan dengan kemampuan APBD Pemerintah Kota Palopo.
Turut hadir pada rapat tersebut Forkopimda Kota Palopo, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Perangkat Daerah serta para tamu undangan lainnya. (rhm)

  • Bagikan