Ini 3 Khasiat Teh Hijau, Bikin Penyakit Ini Tidak Berani Mendekat

  • Bagikan

Ilustrasi Teh Hijau. Foto: Yahoo Health

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Minuman teh merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi orang, termasuk di Indonesia.

Ada beberapa jenis teh yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari teh hitam, teh hijau, teh oolong, teh peppermint, teh chamomile, dan lainnya.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi.
Tidak hanya baik untuk kesehatan, teh hijau juga bisa Anda gunakan sebagai perawatan untuk kulit. Dengan kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan teh lainnya, teh ini sering dianggap sebagai jenis teh yang paling sehat.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Menurunkan tekanan darah

Katekin pada teh hijau mungkin memiliki dampak jangka pendek dalam menurunkan tekanan darah, terutama pada individu dengan tekanan darah sistolisk di atas 130 mm Hg. Hal itu diungkapkan sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition.

  1. Kontrol gula darah yang lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan manajemen gula darah dan sensitivitas insulin.

Penelitian pada 2021 yang melibatkan orang dewasa di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit diabetes.

  1. Peningkatan relaksasi dan suasana hati

L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau meningkatkan relaksasi dan fungsi kognitif. Dalam ulasan tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, para peneliti menemukan bahwa minum teh hijau bisa membantu membatasi kecemasan, meningkatkan daya ingat.

Sebuah studi tahun 2022 menunjukkan bahwa remaja (12-18 tahun) yang minum 6 cangkir teh hijau tanpa kafein sehari selama 6 minggu memiliki hormon stres dan memperbaiki gejala depresi, kecemasan, dan stres.(genpi/jpnn/pp)

  • Bagikan