Optimis Membawa Unanda Unggul dan Terkemuka

  • Bagikan
Peringatan Dies Natalis ke-26 Universitas Andi Djemma Palopo berlangsung meriah. ARYANTO/PALOPO POS
  • Di Acara Dies Natalis ke-26

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Peringatan Dies Natalis ke-26 Universitas Andi Djemma Palopo berlangsung meriah. Diisi berbagai lomba dan pucaknya diakhiri dengan jalan sehat bersama, Ahad 19 November 2023. Tepat hari lahir Unanda Palopo.

Jalan sehat yang diikuti ratusan peserta star di bawah pintu gerbang kampus Unanda, Jalan Puang Daud. Mereka dilepas oleh Rektor Unanda Palopo Dr Ir H Annas Boceng, M.Si diwakil Wakil Rektor I Dr. Sukriming Sapareng, SP., MP. Saat bersamaan rektor sedang dalam perjalanan dari Makassar ke Palopo via pesawat. "Peringatan jalan sehat ini dalam rangka milad Unanda ke-26," ujar Dr Sukriming sambil mengangkat bendera star pukul 7:30 Wita.

Ia tampak didampingi para wakil rektor. Wakil Rektor 1, Rafiqah Asaff, SE., MSi., Wakil Rektor 3, Dr. (Cand) Hasbi ST., M.SP, dan Wakil Rektor 4, Dr. Abdul Rahman Nur, SH, MH.

Kemudian tampak dalam barisan jalan sehat, pimpinan perbankan se Kota Palopo. Ada pimpinan Bank Sulselbar Palopo, BSI Ratulangi, Bank Muamalat, PM Tirta Mangkalulu, dan sejumlah mitra lainnya. Kemudian civitas akademika Unanda, alumni, dan para mahasiswa.

Peserta menyusuri rute yang telah ditetapkan panitia milad. Dari Jalan Puang Daud ke Jalan Ahmad Razak, belok kiri Jalan Andi Djemma, tepatnya kantor PT Kalla Toyota Palopo. Di ujung kantor dinas perpusataan, peserta belok kiri. Dan finish kembali di rektorat.

Tiba di kampus Unanda, peserta yang tampak penuh ceria menikmati konsumsi yang sudah disiapkan oleh panitia.
Suasana makin meriah ketika MC yang dipandu Munawir, SE, MM dan Sulastri, SH, MH tampil penuh semangat sambil mengocok perut para peserta.

Sebelum dilakukan pengundian berbagai hadiahpersembahan dari mitra dan kampus, Abo-sapaan akrab dan Lastri--mengajak peserta menjawab kuis dalam pertanyaan. Misalnya hari lahir Unanda Palopo kapan? Nama rektor Unanda Palopo sekarang. Kemudian nama-nama pejabat Unanda yang siap membawa kampus ini unggul dan terkemuka.

Para peserta yang naik ke panggung percaya diri. Namun begitu mau menjawab, peserta seperti lupa hari jadi Unanda yang betul. Para peserta kemudian tertawa terbahak-bahak. Padahal Unanda lahir tanggal 19 November 2017. Begitu juga nama rektor, ada yang lupa atau mungkin mendadak demam panggung sehingga lupa titel lengkapnya. Hehe…Rektor Unanda sekarang bernama Dr Ir H Annas Boceng, M.Si. Yang beruntung bawa hadiah door prize.
Setelah menghibur peserta, dilanjutkan dengan acara sambutan dari ketua panitia sekaligus mewakil sambutan rektor Unanda.

Ketua Panitia Milad sekaligus Wakil Rektor I, Dr. Sukriming Sapareng, SP., MP kembali mempertegas visi misi Unanda di bawah kepemimpinan Rektor Dr Annas Boceng. "Momentum peringatan hari jadi ke-26 ini mempertegas kembali visi misi Unanda unggul dan terkemuka 2026," tandas Dr Sukriming.

Untuk itu, ia meminta kepada segenap civitas akademika Unanda untuk senantiasa bersama-sama mewujudkan impian tersebut. Tentu bekerja penuh semangat sesuai dengan peranan dan tanggungjawab yang telah diberikan oleh pimpinan. "Dan tidak lupa adalah tetap membangun sinergitas dan kolaborasi dengan para mitra kita," imbuhnya serius.

Unanda yang sudah berusia 26 tahun tentu sudah lebih matang sehingga diharapkan kerja sama semua dan kerja keras lagi untuk membawa Unanda unggul dan terkemuka 2026. "Terimakasih atas partisipasi dari berbagai mitra kami," ucapnya penuh santun.

Usai sambutan, dilanjutkan pengundian berbagai hadiah. Berbagai hadiah menarik disiapkan. Ada sepeda motor listrik, kulkas, mesin cuci, dan puluhan hadiah menarik lainnya. Yang beruntung pulang membawa hadiah utama dan hiburan.

Tidak lama kemudian Rektor Unanda Dr Ir Annas Boceng, M.Si tiba di lokasi dan langsung bergabung dengan undangan yang sudah hadir menanti. Tampak Ketua PMI Haidie Basir, Baharman Supri, anggota DPRD Palopo, pimpinan perbankan, dan lainnya.

Rektor kemudian diminta oleh MC Abo dan Lastri naik ke panggung dan memberikan sambutan. "Saya mohon maaf karena saat bersamaan dalam perjalanan dari Makassar. Sedang dalam pesawat saat kita semua jalan sehat," ucap rektor penuh semangat.

Walau singkat dan padat, sambutan rektor cukup padat. Ia sangat bangga melihat animo peserta dan animo mitra yang menyumbangkan hadiah untuk acara milad. "Saya ucapkan banyak terimakasih kepada mitra kita semua," ujar rektor. "Saya tidak lagi singgung apa yang Unanda lakukan ke depan, karena sudah dikemukakan oleh pak wakil rektor mewakili sambutan rektor tadi," ucapnya rektor penuh bahagia.

"Terimakasih pula kepada peserta jalan sehat Unanda. Terutama yang beruntung dapat hadiah door prize.," sambungnya. Dan dilanjutkan, "trimakasih kepada panitia. Ketua sampai koordinator bidang. Yang telah sukseskan acara pagi hari ini".

Rektor juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama acara berlangsung. Usai sambutan, ia kemudian menarik undian hadiah sepeda motor listrik. Dan yang beruntung adalah Asrul, salah seorang peserta jalan sehat dan pejabat di Unanda. "Selamat ya," ucap rektor dan dibalas Asrul penuh senyum.

Terakhir rangkaian peringatan acara milad penyerahan hadiah pemenang lomba. Karena memang Unanda mengadakan berbagai lomba yang tidak kalah heboh. Ada lomba nyanyi, lomba domino, tennis meja, dan sepak takraw.
Fak ekonomi juara 3 sepaktakraw, Fak Kehutanan juara II, dan Fak teknik juara I. Kemudian tennis juara 3 Fak Pertanian, Juara 2 Edy Boceng dari rektorat Unanda, dan Juara I Kasmad Kamal, direktur Pascasarjana Unanda Palopo. Kemudian pemenang turnamen domino. Juara 1 sampai juara 6, dan lomba nyanyi internal kampus dan diikuti peserta antarfakultas.(ary)

  • Bagikan