Dituding Halang-halangi Acara Jalan Sehat Gibran, Ini Pernyataan Wali Kota Makassar Danny Pomanto

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Dituding menghalang-halangi Jalan Sehat Satu Putaran yang akan menghadirkan cawapres Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto langsung membuat pernyataan.

Ramdhan Pomanto membantah soal tudingan tersebut.

"Itu tidak benar. Sebaiknya diusut siapa yang menghalangi," tegas Danny, sapaan akrabnya, kepada media, Kamis, 23 November 2023.

Isu penghalangan ini muncul jelang rencana kunjungan Gibran ke Makassar dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan selama tiga hari sejak tanggal 24 hingga 26 November.

Salah satu agenda Gibran adalah mengikuti jalan sehat bersama warga Makassar, Sabtu, 25 November di Jalan Jenderal Sudirman Makassar mulai pukul 05.30 Wita.

Sementara itu, pada 26 November, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga dijadwalkan menggelar acara serupa di Makassar.

Danny sendiri adalah kader PDIP. Dia juga menjabat sebagai Dewan Pembina Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud.

Danny tak menampik acara jalan sehat Gibran dan paslon Ganjar-Mahfud berdekatan. Namun dia kembali membantah menghalangi acara Gibran.

Sebaliknya, Danny klaim telah mendorong warga Makassar untuk hadir dan meramaikan dua acara itu.

"Kepentingan saya, dua jalan sehat ini harus ramai. Diusut saja siapa yang menghalangi. Tapi saya sudah duga sejak awal, jangan sampai penyelenggara tidak bisa menghadirkan massa alasannya disabotase wali kota. Padahal saya minta semua meramaikan dua jalan sehat ini," ungkapnya.

Danny juga menegaskan bahwa pada kegiatan jalan sehat tersebut tidak melibatkan para ketua RT/RW.

"Kami tidak melibatkan RT/RW dalam kegiatan. Ini full komunitas. Jadi harapan saya kedua acara itu harus ramai di Makassar," ujarnya.

Terpisah, Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan cawapres Gibran  akan berkunjung ke Sulsel selama tiga hari kedepan untuk melakukan sosialisasi dan bertemu dengan sejumlah tokoh di Sulsel.

"Iya, tanggal 24,25 dan 26 November. Rutenya Makassar, Tana Toraja, kembali lagi Makassar," kata Andi Iwan.

Ketua Panitia Jalan Sehat Satu Putaran yang menghadirkan Gibran Rakabuming Raka, Andi Irwan Patawari mengatakan, meski persiapan hanya beberapa hari saja, panitia mampu bekerja cepat.

"Persiapan sudah mencapai 80 persen lebih," jelas politisi Partai Gerindra kepada wartawan, Rabu (22/11/2023) sore.

"Mas Gibran (Gibran Rakabuming Raka) akan hadir langsung di jalan santai ini. Ia akan menyapa warga Sulsel yang hadir di acara ini nanti," kata Irwan.

Lantas bagaimana soal target peserta? Mantan anggota DPRD Sulsel ini mengaku jika target peserta adalah 500 ribu lebih.

Irwan mengungkapkan jika untuk hadiah jalan santai ini panitia menyiapkan 222 hadiah dengan total Rp2 miliar.

Adapun 222 hadiah tersebut yakni 2 unit rumah, 2 unit mobil, 22 paket umrah, 22 unit motor, 22 unit laptop, 22 unit kulkas, 22 unit tv, 22 unit HP, 22 unit sepeda, 22 unit dispenser, 22 unit rice cooker dan 20 hadiah hiburan.

Selain menghadiri jalan santai, ada beberapa agenda Gibran di Makassar, seperti menemui kalangan milenial, para influencer dan tokoh agama.

"Sebagai anak muda, tentu Gibran ingin bertemu dengan kalangan milenial di Makassar dan Sulsel. Sharing pendapat tentang banyak hal," jelas Irwan lagi.

Sejak ditetapkan menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto oleh KPU, Gibran menjadi magnet tersendiri bagi kalangan milenial.

Mereka ingin menyapa lebih dekat calon wakil presiden dari kaum muda. Gibran juga intens turun ke lapangan menemui berbagai kalangan masyarakat.(*/net/pp)

  • Bagikan