Perum Bulog Palopo Pastikan Stok Beras Aman hingga Triwulan Kedua 2024

  • Bagikan

* Junaedy: 7.000 Ton Stok Beras Kami Siapakan Untuk Stabilkan Harga Pasar dan Penyaluran Bapang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PONTAP--
Perum Bulog Palopo memastikan stok beras yang dimilikinya saat ini mampu bertahan hingga tahun 2024. Selain itu stok yang dimiliki Bulog Palopo itu, dianggap siap untuk mengintervensi harga beras jika sewaktu-waktu terjadi kenaikan di pasar.

Seperti diungkap Pimpinan Cabang (Pinca) Bulog Palopo, Mohammad Junaedy, saat dijumpai usai mengikuti operasi pasar bersama Pj Walikota Palopo, Asrul Sani bersama pimpinan atau perwakilan Forkopimda lainnya di Pasar Andi Tadda, Kamis, 30 November 2023.

Kata Mohammad Junaedy, yang ditemui usai kegiatan tersebut, stok yang dimiliki saat ini, siap menyukseskan program pemerintah dan juga dalam upaya stabilkan harga jika sewaktu-waktu terjadi inflasi pasar.

Salah satu bentuk upaya dilakukan untuk membantuk atau langkah pencegahan agar harga tidak mengalami inflasi jelang akhir tahun 2023 ini, jajaran Perum Bulog Palopo pada kegiatan operasi pasar yang dilakukan pagi tadi, kembali menyalurkan beras SPHP sebanyak 40 Ton di dua pasar tradisional Kota Palopo. Yakni di Pasar Andi Tadda dan Pusat Niaga Palopo (PNP).

"Kegiatan operasi pasar hari ini, merupakan kegiatan serentak sesuai arahan bapak PJ, Gubernur Sulsel di 5 daerah pencatatan yaitu Makasar, Bulukumba, Bone, Pare- pare dan Kota Palopo. Di Kota Palopo, tim TPID yang dimonitor langsung oleh pak PJ,Walikota, kembali menyalurkan beras SPHP sebanyak 40 Ton yang menyasar du pasar pencatatan, yakni pasar Andi Tadda dan Pusat Niaga Palopo,"ucap Mohammad Junaedy.

"Sesuai data BPS Kota Palopo bahwa harga beras di bulan november masih dalam keadaan aman. Meski demikian, pihak kami sendiri tetap siap sedini mungkin dengan jumlah stok beras cukup banyak sebagai bentuk antisipasi jika terjadi inflasi di pasar. Terlebih lagi jelas akhir tahun yang tentu kita tahu ada hari raya Natal dan pertanian tahun dari 2023 ke 2024. Hari raya ini keseringan terjadi inflasi namun, kami telah siap dengan santok yang ada saat ini jika terjadi inflasi. Dan untuk stok operasional beras yang kami miliki arau kuasai saat ini, ada sekira 7.000 Ton. Ini dapat dipergunakan untuk stabilisasi harga dan penyaluran bantuan pangan (Bapang). Kami pastikan ketahanan stok Perum Bulog Palopo aman hingga triwulan kedua ditahun 2024 mendatang,"jelasnya.

Untuk diketahui, Bulog Cabang Palopo memiliki toko atau kios binaan yang tersebar di sejumla wilayah. Di toko atau kios binaan Bulog itu, masyarakat dapat membeli beras dengan kualitas terbaik dengan harga jauh beda dengan beras yang dijual pada umumnya.

Untuk mengetahui toko atau kios itu, sangat mudah, karena di tempat tersebut telah terpasang spanduk Bulog. Jika harga beras yang dijual di toko beras lainnya, paling murah rata- rata Rp.12 ribu per Kg dan tertinggi Rp16 ribu per Kg. Maka di toko atau kios binaan Bulog sendiri, masyarakat dapat menikmati beras dengan kualitas terbaik hanya dengan Rp.10.900 per Kg untuk beras medium dan Rp.13.900 per Kg untuk beras premium.(ria)

  • Bagikan