Rp40 M Bantuan Keuangan Era Andi Sudirman Sulaiman, Jembatan Kembar dan Jalan Lingkar Parepare Kini Dilewati

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PAREPARE - Pembangunan jembatan kembar di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah rampung dan sudah digunakan untuk umum.

Hadirnya jembatan kembar yang berlokasi di Jalan Suaka Alam Lestari, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, berkat sinergi Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare.

Dimana tahun 2022 lalu, Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman telah mengalokasikan Rp 30 Miliar bantuan keuangan Provinsi TA 2022 kepada Pemerintah Kota Parepare, sebagian besar untuk pembangunan jembatan kembar jalan lingkar tengah.

Kemudian Dinas PUPR Parepare kembali menganggarkan penyelesaiannya sebesar Rp 2,8 miliar pada tahun 2023 ini.

jembatan ini pun mendukung jalan lingkar tengah (Swaka Alam Lestari) yang dibangun oleh Pemkot Parepare melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel Tahun Anggaran 2021 lalu senilai Rp10 miliar yang menjadi prioritas oleh era kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

"Iya, selesai minggu lalu (jembatan kembar) dan sudah bisa digunakan untuk umum," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare Widin WIjaya dikutip melalui detikSulsel, Senin (4/12/2023).

Widin mengatakan akses itu akan mempermudah warga yang berada di daerah Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat. Mereka sudah bisa langsung ke RSUD Andi Makkasau dan Stadion BJ Habibie tanpa harus memutar melalui Jembatan Sumpang Minangae.

"Ini jalur ke RSUD Andi Makkasau dan ke Stadion BJ Habibie, jadi warga misalnya dari Kelurahan Lumpue dan sekitarnya itu kalau mau ke RSUD dan Stadion Gelora BJ Habibie tak memutar melalui Jembatan Sumpang Minangae," katanya.

Jembatan kembar itu disebut bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Jembatan Sumpang Minangae.(rls/idr)

  • Bagikan