Apple Mulai Kerjakan Sensor Kamera Under Display untuk iPhone

  • Bagikan
--ILUSTRASI--

PALOPOPO.CO.ID, JAKARTA-- Teknologi kamera di bawah layar atau under display hanya hadir di beberapa ponsel. Karena kerumitannya, hal ini belum diadopsi secara luas sehingga belum menjadi mainstream di ponsel pintar.

Karena itu, Apple dilaporkan telah mulai mengerjakan kamera di bawah layar untuk iPhone-nya. Hal ini akan membuka jalan menuju iPhone full-screen bezel-less di masa depan.

Sebelum konsep under display mengemuka, banyak vendor smartphone memilih alternatif dengan cara lain. Misalnya menggunakan modul pop-up. Harapannya sama, memperluas area layar dan merelokasi modul kamera ke tempat lain.

Apple sendiri beralih dari tampilan notch tradisionalnya ke desain Dynamic Island di seluruh jajaran iPhone tahun ini. Model SE generasi berikutnya juga diharapkan menampilkan potongan berbentuk pil yang sama.

Sekarang, dalam laporan baru, Apple bertujuan untuk menghapus layar Dynamic Island sepenuhnya demi teknologi kamera di bawah layar pada iPhone masa depan. Menurut laporan The Elec, pemasok perusahaan asal Korea, LG Innotek dikatakan telah memulai pengembangan lanjutan dari sistem kamera di bawah panel (UPC).

Masalah utama UPC adalah hilangnya transmisi cahaya dibandingkan kamera selfie yang ada. Sederhananya, kamera di bawah layar menghasilkan gambar berkualitas rendah karena lebih sedikit cahaya yang melewati area tampilan.

Untuk mengatasi hal ini, LG Innotek sedang mengerjakan sistem lensa khusus yang disebut 'freeform optic'. Solusi dari pemasok Korea ini akan mengontrol ketebalan lensa periferal, mengurangi distorsi, dan meningkatkan rasio intensitas cahaya di sekitar modul optik.

Laporan tersebut menyatakan bahwa akan membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu teknologi kamera di bawah layar hadir di iPhone. Apple diperkirakan akan mengadopsi teknologi ID Wajah di bawah panel pada iPhone 17 pada tahun 2025. iPhone semua layar pertama dengan UPC dapat debut pada tahun 2027 dengan iPhone 19. (jp/pp)

  • Bagikan