Pj Wali Kota Palopo Pimpin Apel Siaga Bencana, Asrul Sani: Kita Harus Selalu Waspada

  • Bagikan

Suasana saat Pj Wali Kota Asrul Sani memimpin Apel Siaga Bencana, Senin, 8 Januari 2024. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Menjelang musim hujan, Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si memimpin Apel Siaga Bencana Tahun 2024.

Apel Siaga ini dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Palopo, Senin, 8 Januari 2024.

Pj Wali Kota pada kesempatan itu mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam upaya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di Kota Palopo.

''Terima Kasih atas dedikasi, kerja keras, dan keikhlasan dalam bekerja,'' katanya.

Menurutnya, alasan utama dilaksanakan Apel Siaga Bencana ini, untuk kelancaran mobilisasi logistik.

Terlebih lagi, katanya, pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 memasuki musim hujan.

Asrul Sani pun berharap dengan Apel Siaga ini dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan Pemilu, memobilisasi logistik baik itu sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu.

Ditambahkan, Bencana Alam khususnya di Kota Palopo itu beresiko. Harus siap menghadapinya. Karena, bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tanpa mengenal waktu dan tempat.

Oleh karena itu, lanjutnya, harus selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

''Apel Siaga Bencana ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiap-siagaan kita dalam menghadapi bencana,'' katanya lagi.

Melalui apel ini, dapat melatih, berkoordinasi, dan bekerja sama antar lembaga terkait serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiap-siagaan bencana.

''Selaku Pemerintah Kota Palopo, saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya kesiap-siagaan dan mitigasi bencana,'' harapnya.

''Mari kita bersama-sama belajar tentang cara mitigasi bencana serta mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana,'' ajaknya.

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk senantiasa mewaspadai bencana banjir yang kerap melanda Kota Palopo tiap tahunnya.

Pj Wali Kota membeberkan, salah satu uapaya yang dilakukan Pemkot, mulai tahun ini adalah mengeruk sedimentasi yang ada di sekitar sungai. Dan, itu sudah dianggarkan.

Setelah pelaksanaan apel, Pj. Wali Kota Palopo didampingi Forkopimda dan Kepala BPBD, Drs Burhan Nurdin, M.Si terkait untuk memeriksa Perlengkapan SAR dan kendaraan operasional untuk siaga bencana.

Turut hadir Kapolres Palopo
Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin SH SIK MH beserta jajaran, Dandim 1403 Palopo Letkol Inf Afriadi Nidjo beserta jajaran, Kepala Syahbandar Palopo Andi Tenrigau, Kepala BPBD Kota Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si,
Plt, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palopo Makmur, Tagana Kota Palopo, KaSatpol PP Kota Palopo Andi Farid Baso Rachim, Kepala Dishub Kota Palopo Andi Muzakkir, S.IP., M.Si, PMI, serta peserta Apel Siaga Bencana. (*/rls/pp)

  • Bagikan