Hasil Real Madrid vs Barcelona:Rujak Barca 4-1, El Real Juara Super Copa

  • Bagikan

Vinicius Jr melewati Inaki Pena Sotorres di laga Real Madrid vs Barcelona di final Supercopa de Espana di Al-Awwal Stadium, Arab Saudi, Senin, 15 Januari 2024 dini hari Wita. --x--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RIYADH-- Duel El Clasico berakhir. Real Madrid menjadi pemenang. El Real berhasil menjadi juara Supercopa de Espana 2023/2024 usai di partai final mengalahkan Barcelona di Al-Awwal Stadium, Riyadh, Arb Saudi, Senin, 15 Januari 2024 Wita.

Pada duel ini, Madrid menjalani laga ini dengan cukup nyaman. Apalagi Blaugrana beberapa kali melakukan kesalahan sendiri plus bermain dengan 10 pemain karena Ronald Araujo terkena kartu merah.

Gol-gol Madrid dicetak Vinicius Jr dan Rodrygo. Vinicius sukses mengemas hattrick sementara gol Barcelona dipersembahkan Robert Lewandowski.

Dengan hasil ini, Madrid sukses melakukan revans. Pada final musim 2022/2023 lalu, mereka dikalahkan Barcelona 3-1.

Pada babak pertama, Real Madrid coba untuk mengendalikan jalannya tempo permainan di awal babak pertama. Di sisi lain Barcelona mencoba langsung menekan pertahanan sang rival.

Pada menit kelima Barca mendapat peluang. Sergi Roberto bisa mengancam gawang Madrid usai mendapat umpan dari Lewandowski di area pertahanan El Real. Tapi bola masih bisa diamankan Lunin.

Pada menit ketujuh, Jude Bellingham berdiri tak jauh dari garis tengah. Ia kemudian memberikan umpan terobosan pada Vinicius Jr yang sedang dikawal Jules Kounde. Sayangnya Kounde salah membaca arah operan itu dan membuat Vinicius bisa berlari bebas sendirin ke kotak penalti dan dengan mudah menaklukkan kiper Sotorres. 1-0!

Madrid kemudian mendapat peluang lagi pada menit ke sembilan. Rodrygo bisa melepas tembakan keras dari area kotak penalti. Tapi peluang itu masih bisa dimentahkan Lunin. Barcelona coba bangkit. Mereka langsung bermain lebih agresif. Namun Blaugrana malah kebobolan lagi pada menit ke-10.

Rodygo melepaskan diri dari jebakan offside di sisi sayap kanan dan masuk ke kotak penalti. Ia bisa menembak langsung tapi lebih memilih memberikan umpan matang ke tiang jauh. Di sana bola dengan mudah disambar Vinicius menjadi gol. 2-0!

Barca tentu saja berusaha untuk bisa segera mencetak gol balasan. Tak lama kemudian, pada menti ke-13, tembakan voli Ferran Torres dari dalam kotak penalti mengenai mistar gawang. Bola rebound disambar Lewandowski tapi peluang itu masih bisa dimentahkan Lunin.

Menit ke-27 Ferran Torres menembus pertahanan Madrid dari halfspace kanan. Ia melepas tembakan keras mendatar tapi bola bisa diblok Lunin dengan kaki kanannya.

Pada menit ke-32, serangan Barca akhirnya sukses menembus pertahanan Madrid. Madrid menyerang dari kiri dan Balde melepas umpan silang ke tiang jauh. Bola disundul Mendy tapi diterima Lewandowski persis di garis kotak penalti. Ia melepas tembakan keras dan bola yang melaju deras di atas tanah tak bisa dihentikan Lunin. 2-1!

Menit ke-37, Madrid mendapat penalti. Pasalnya Araujo dianggap melanggar Vinicius di kotak penalti saat akan menyambut umpan silang Tchouameni dari sisi kanan. Pemain asal Brasil itu mengeksekusi sendiri penaltinya pada menit ke-38 dengan sempurna. 3-1! Hattrick!

Pada akhirnya tak ada gol tambahan tercipta. Real Madrid 3-1 Barcelona.

Usai jeda, di babak kedua, Barcelona langsung bermain lebih agresif. Namun mereka juga lebih berhati-hati.

Di sisi lain Madrid sendiri bermain dengan nyaman. Mereka lebih banyak menunggu Barca lengah dan menyerang melalui serangan balik.

Sampai menit ke-59, belum ada gol tambahan tercipta. Barca akhirnya melakukan pergantian tiga pemain sekaligus. Salah satu pemain yang masuk adalah Joao Felix.

Sayangnya Barca malah kebobolan lebih dahulu. Rodrygo sukses menjebol gawang Inaki Pena lagi pada menit ke-64. Mereka menyerang dengan cepat dari kanan dan bola diberikan pada Vinicius di tiang jauh. Pemain Brasil ini kemudian mengirim umpan pendek ke tengah kotak penalti. Bola dipotong Kounde tapi mental ke kaki Rodrygo. Dengan mudah ia menendang bola ke sisi kiri gawang. 4-1!

Situasi kemudian makin buruk bagi Barca. Pada menit ke-71, Araujo mendapat kartu kuning kedua dan akhirnya diusir wasit keluar lapangan. Sanksi diberikan karena ia salah menendang kaki Vinicius saat akan berusaha menghalau bola.

Menit ke-79 peluang akhirnya didapat Barca. Kerjasama dengan dua pemain lain membuat Felix bisa masuk ke kotak penalti dan melepas tembakan kaki kiri yang cukup keras. Tapi bola masih bisa diblok oleh Lunin.

Setelah itu tempo permainan sedikit menurun. Beberapa peluang masih muncul tapi tak ada gol tambahan yang tercipta. Real Madrid menang 4-1 atas Barcelona. (*/pp)

Susunan Pemain

Real Madrid: Andriy Lunin; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy, Federico Valverde, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos, Jude Bellingham, Rodrygo, Vinicius Jr

Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona: Inaki Pena Sotorres; Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde, Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Sergi Roberto, Pedri, Ferran Torres, Robert Lewandowski

  • Bagikan