BPJS Sudah Cairkan Klaim RSUD dr Palemmai

  • Bagikan

Untuk Oktober dan November 2023, Sedang Desember Sementara Verifikasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOTING-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Palopo telah mencairkan klaim RSUD dr Palemmai Tandi untuk bulan Oktober dan November 2023.

''Klaim Oktober dan November 2023 sudah lama cair,'' jelas Kepala Bidang Umum BPJS Kesehatan Palopo, Wawan saat dikonfirmasi Palopo Pos via telepon, Kamis, 25 Januari 2024 kemarin.

Sementara untuk klaim bulan Desember 2023, lanjut Wawan, sedang diverifikasi dan dilakukan pencairan pada bulan Januari 2024 ini.

Sebelumnya dilansir jasa medik karyawan RSUD dr Palemmai Tandi Palopo, dikabarkan belum terbayarkan selama empat bulan. Mulai Oktober, November, dan Desember 2023 plus Januari 2024.

Staf Pengelola Keuangan RSUD dr Palemmai Tandi, Uci yang dikonfirmasi, Selasa (23/1) lalu, mengatakan, jasa medik karyawan tetap dibayar secara berkala. Hanya memang lambat dan itu wajar.

Karena pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan juga lambat dua bulan. Misalnya, jasa medik November 2023, baru masuk klaimnya pada penghujung Desember tahun 2023. Itu masih berproses administrasinya sehingga lambat.

Lembaga Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) mengungkapkan, berdasarkan percakapannya dengan Ketua Dewan Pengawas RSUD dr Palemmai Tandi, bahwa Dewas sempat tegur, kapan jasa medik dibayarkan. Jawaban pihak RSUD, anggaran 2023 sudah habis.

Padahal berdasarkan Perwal, klaim dari BPJS Kesehatan, 56 persen untuk biaya operasional rumah sakit dan 44 persen jasa medik. Kalau anggaran 2023 sudah habis, ke mana 44 persen jasa medik yang dicairkan BPJS?. (ria/ikh)

  • Bagikan