Sosialisasi PMB 2024, IAIN Palopo Undang Sekolah SMA/MA Sederajat 6 Kabupaten/Kota

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, SABBAMPARU-- Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2024 di Twins Cafe Palopo, Senin, 29 Januari 2024.

Sosialisasi ini mengundang kepala sekolah dan operator sekolah SMA/MA/SMK sederajat 6 Kabupaten/Kota. SMA sederajat se- Kota Palopo, Kab. Wajo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Tana Toraja.

Hadir dalam sosialisasi ini para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, para Dekan dan Wakil Dekan fakultas, Ketua dan sekretaris Prodi serta segenap jajaran Panitia PMB 2024 IAIN Palopo.

Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg awal sambutannya menyampaikan, selamat datang para kepala sekolah dan operator sekolah. Disampaikan rektor, penerimaan mahasiswa baru IAIN Palopo tahun ini ada tiga jalur, yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur Mandiri.

Dari tiga jalur itu, ada jalur afirmasi yaitu dapat masuk di PTKIN tanpa tes bagi siswa yang berprestasi, pengurus osis, pramuka dan paskibraka serta masuk dalam organisasi keagamaan seperti BPKRMI minimal tingkat kecamatan, “jadi bisa masuk IAIN Palopo tanpa tes dengan jalur afirmasi ini dengan syarat-syarat tersebut” ucap Rektor.

Rektor Abbas juga menyampaikan perkembangan Pascasarjana IAIN Palopo saat ini telah mengelola 6 Prodi dengan jumlah lulusan saat ini sekira 500 alumni. Pascasarjana IAIN Palopo terus membuka peluang bagi masyarakat khusunya bagi guru-guru yang ingin lanjut studi magister.

“IAIN Palopo diharapkan terus berkembang, dan kemajuan IAIN Palopo saat ini tentu tidak lepas kontribusi bapak ibu, yaitu menyampaikan informasi PMB ini kepada anak-naka kita” imbuh Rektor.

Ketua PMB Lokal IAIN Palopo Dr Munir Yusuf MPd menyebutkan IAIN Palopo saat ini mengelola 18 Prodi dari 4 Fakultas. Adapun jadwal dan tahapan seleksi SPAN 2024. Pengisian PDSS: 22 Januari - 5 Februari 2024, Verifikasi PDSS: 22 Januari - 5 Februari 2024, Pendaftaran (siswa): 12 Februari - 15 Maret 2024 dan Pengumuman hasil seleksi: 02 April 2024.

“SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis” ucap Munir.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Muadalah Salafiyah masing-masing.

Adapun jadwal UM-PTKIN 2024 akan dibuka akan dibuka 06 Mei s.d. 15 Juni 2024. Pendaftar adalah Siswa MA/MAK, SMK, SMA, SPM, PDF, PKPPS sederajat lulusan 2022, 2023, dan 2024. Lulusan 2022 dan 2023 wajib mempunyai ijazah atau surat keterangan lulus (SKL).

Lulusan 2024 wajib mempunyai salah satu dari SKL/pengumuman lulus/KTP/kartu siswa.
Peserta wajib mempunyai NISN, email aktif dan bisa dihubungi, nomor WhatsApp yang aktif dan bisa dihubungi. Pendaftaran dilakukan secara mandiri di https://um.ptkin.ac.id.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi ini dipaparkan Juknis SPAN UM-PTKIN 2024 oleh sekretaris Panitia Lokal PMB IAIN Palopo Abdul Rahman SKom MT, pengenalan secara singkat IAIN Palopo melalui Video Profil. (rls/ikh)

  • Bagikan